28 C
Jakarta
Friday, April 19, 2024

Beberapa Budaya Islam Unik Diberbagai Negara

BUDAYA ISLAM DI BERBAGAI NEGARA

Kebudayaan islam dari dulu hingga sekarang sudah tersebar luas di berbagai Negara Asia dan Eropa. Budaya Islam yang dimulai dari turunnya wahyu pertama pada tahun 622M yang di turunkan kepada Rasulullah SAW yang terakhir yaitu Nabi Muhammad Bin Abdullah di Gua Hira tepatnya Arab Saudi sampai dengan sekarang, adapun urutannya sebagai berikut.

1. BUDAYA ISLAM DI INDIA

Berbeda halnya di Indonesia, saat ijab qobull berlangsung penghulu hanya akan membisikkan kata-kata kepada mempelai pria dan kemudian diakhiri dengan persetujuan saksi. Lalu para tamu yang di undang pun akan dibagikan kurma.

                            Foto Istimewa

2. BUDAYA ISLAM DI MESIR

Pada saat bulan suci Ramadhan masyarakat Mesir biasanya akan rutin melaksanakan kegiatan tradisi “Fanous” (Lentera) pada setiap tahunnya. Karena menurut mereka lentera adalah symbol utama di bulan yang suci.

                               Foto Istimewa

3. BUDAYA ISLAM DI ROMA

Masyarakat muslim di Roma berasal dari kekaisaran Ottoman. Awal dan akhirnya puasa biasanya diumumkan dengan cara menyanyikan lagu-lagu tradisional. Masyarakat akan berbaris di jalan dan memainkan Lodra yaitu drum buatan rumah yang dilapisi kulit domba atau kambing selama bulan suci Ramadhan.

 

                           Foto Istimewa

4. PAKISTAN

Para wanita di Pakistan biasanya menyambut hari raya atau idul fitri dengan cara melakukan acara perayaan “Chaand Raat” yang di laksanakan usai berbuka puasa di hari terakhir. Mereka akan pergi ke pasar untuk membeli gelang warna-warni dan melukis kaki tangan mereka dengan henna.

                                Foto Istimewa

5. MALAYSIA

Masyarakat Malaysia memiliki makanan khas bernama “Bubur Lambuk”. Saat bulan suci Ramadhan biasanya mereka memasak bubur ini secara gotong royong di beberapa masjid untuk kemudian dibagikan juga kepada orang umum.

                               Foto Istimewa

6. TURKI

Untuk merayakan idul adha, masyarakat turki biasanya akan menghias hewan kurban sebelum disembelih menggunakan henna dan pita agar terlihat cantik. Sedangkan proses penyembelihan hewannya tidak berbeda jauh dengan di Indonesia.

Foto Istimewa

7. INDONESIA

Tradisi sekaten masih terus dilestarikan sebagai wujud untuk mengenang jasa para walisongo. Kegiatan ini merupakan suatu peringatan yang dinamai “Maulid Nabi” yang di laksanakan setiap tahun di keraton Surakarta. Upacara sekaten juga biasanya menyuguhkan gamelan pusaka dari peninggalan Dinasti Majapahit.

                            Foto Istimewa

Tonton info unik mengenai islam diberbagai dunia di Kanal Dunia Islam

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles