Sejarah Makanan Nasi Uduk

0
305
Foto Istimewa

Nasi Uduk merupakan sajian tradisional yang sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, yang berasal dari Daerah Betawi.

Sejarah nasi uduk pertama kali hadir di tanah Sumatera. Makanan ini dibawa oleh orang-orang Melayu yang saat itu kebanyakan menetap di pulau tersebut dan berpindah ke Batavia atau yang saat ini dikenal dengan Betawi.

Ketika berpindah ke tanah Jawa, masyarakat Melayu membawa kebiasaan-kebiasaan yang salah satunya adalah menyantap nasi gurih. Nasi yang dari tanah asalnya dikenal dengan Nasi Lemak tersebut diubah sebutannya menjadi Nasi Uduk.

Soal sejarah nama, nasi uduk diambil dari Bahasa Sunda, ‘uduk’ yang berarti bersatu atau bercampur.
Ada juga yang bilang bahwa kata ‘uduk’ memiliki makna susah, apalagi di zaman dulu, nasi uduk hanya bisa dibeli di pasar atau dijual menggunakan gerobak.

Pada saat itu orang yang membeli nasi uduk ini merupakan masyarakat kelas bawah atau yang memiliki kehidupan yang susah.

Di tanah Jawa, nasi uduk pertama kali dijual di daerah Kebon Kacang, Tanah Abang, Jakarta, dengan nasinya yang pulen, gurih dan kaya rempah yang dibungkus kecil-kecil berbentuk segitiga dengan balutan daun pisang sehingga harum menggoda.

Foto Istimewa Nasi Uduk
Foto Istimewa

Di zaman sekarang, nasi uduk bisa dibeli di mana aja, dari pasar, kedai, hingga resto. Makanan pendamping untuk nasi uduk pun semakin beragam, mulai dari tempe/tahu goreng, telur dadar, ayam goreng, abon, sambal kacang, dan lain-lain.

Membuat nasi uduk tidak susah, bahan-bahannya pun mudah di dapatkan di pasar. Bahan-bahan yang diperlukan beras, santan kelapa kental, daun salam, cengkeh, serai, kayu manis, merica dan garam. Untuk cara membuatnya rebus santan dengan daun salam, cengkeh, serai, kayu manis, merica dan garam. Setelah itu campur santan dan beras lalu kukus hingga matang. Jika tidak ingin susah bisa juga loh menggunakan rice cooker. Untuk lauknya bisa dikreasikan.
Bumbu-bumbu tersebut yang membuat aroma nasi uduk begitu khas.

Baca Juga :  Asal Usul Penemuan Roda

Untuk info lebih lanjut tonton di channel e indonesia .

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here