30.5 C
Jakarta
Sunday, August 14, 2022

Musik Jazz

Musik Jazz merupakan genre musik yang tumbuh di Amerika dan populer dimainkan oleh warga kebangsaan Afrika dan Amerika. Jazz dikembangkan dari genre musik Blues, Ragtime, dan musik khas Eropa.

Jazz adalah musik yang di dalamnya terdapat sebuah ritme yang memiliki harmoni, improvisasi, dan dimainkan menggunakan alat musik tertentu, dan mudah dikenali.

Genre musik ini pertama kali dari Amerika benar-benar memiliki dampak kepada dunia seni di tengah-tengah masyarakat. musik ini mudah dikenali karena punya ciri khas yang hampir seragam. Dalam Jazz, instrumen penting yang biasanya dipakai adalah drum, bass, keyboard, gitar, trompet, trombon, dan saksofon. Tak semua instrumen dipakai sekaligus, bergantung jenis jazz apa yang dimainkan.

Era jazz mengalami perkembangan dan pasang surut di tiap generasi. Era paling awal yang dikenal adalah ragtime jazz, era ini terjadi di kisaran tahun 1897-1918.
Di kisaran periode 1930-1940-an, mulai bermunculan ragam jenis jazz yang makin meraimaikan ranah jazz. Mulai dari Kansas City Jazz, Gypsy Jazz, bebop, sampai cool jazz.

Musik Jazz
Foto Istimewa

Di kisaran tahun 1970-an, jazz makin menuju ke arah modern, yang tampak pada aliran smooth jazz dan funk jazz. Aliran-aliran ini mulai mengurangi tensi improvisasi, dan menggantinya dengan melodi. Jazz juga mulai dicampur dengan musik yang sedang tren.

Jelang awal dekade 90-an, nuansa jazz semakin menyatu dalam lintas genre musik modern. Musik Jazz bahkan mulai diputar di klub-klub malam Inggris Selatan. DJ Gilles Peterson dan Chris Bangs, bertanggung jawab atas apa yang dinamakan acid jazz

Beberapa musisi jazz memainkan lagu dan gaya yang sama berulang-ulang. Hal tersebut yang  dinamakan musik ini memiliki ritme dan melodi yang improvisatif. Tidak sedikit yang menggemari dan menjadi penikmat musik yang mudah dikenali ini di Indonesia. Alunan yang merdu dengan beat yang mengalir tentunya membuat telinga penikmat musik ini serasa melayang.

Baca Juga :  Mengulik Asal Usul dan Sejarah dari 'Trick or Treat' Tradisi Khas Halloween di Bulan Oktober

Untuk mengetahui secara jelas sejarah dan perkembangan dimusik Jazz bisa di liat di youtube Channel E Indonesia 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles