24.4 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

Asal Usul Kertas

Kertas merupakan revolusi baru dalam dunia tulis menulis yang menyumbangkan arti besar dalam peradaban dunia. Papirus (sebutan kertas dulu) telah digunakan sejak peradaban Mesir Kuno sebagai alat tulis menulis. Papirus tak terbentuk seperti kertas saat ini, melainkan terbuat dari alang-alang yang tumbuh di pinggiran sungai Nil.

Yuk kita kenal Asal Usul dan Pekembangan Kertas ini,

Penemuan Kertas

Tsai Lun menemukan kertas dari bahan bambu yang mudah didapat di seantero China pada tahun 101 Masehi. Pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia. Namun akhirnya menyebar ke Jepang dan Korea seiring menyebarnya bangsa bangsa China ke timur dan berkembangnya peradaban di kawasan itu meskipun pada awalnya cara pembuatan kertas merupakan hal yang sangat rahasia.

Pada akhirnya, teknik pembuatan kertas tersebut jatuh ke tangan orang-orang Arab pada masa Abbasiyah setelah kalahnya pasukan Dinasti Tang dalam Pertempuran Talas pada tahun 751 Masehi di mana para tawanan perang mengajarkan cara pembuatan kertas kepada orang Arab pada zaman Abbasiyah. Kemudian menyebar ke Italia dan India lalu Eropa khususnya setelah Perang Salib dan jatuhnya Grenada dari bangsa Moor ke tangan orang Spanyol serta seluruh dunia.

Indonesia

Di Indonesia, kertas pertama kali dibuat di Ponogoro sejak abad ke-7 yang terbuat dari kulit kayu pohon stempat. Kertas yang telah dibuat di Ponogoro tersebut dipergunakan sebagai menulis para Biksu yang belajar agama Buddha di kerajaan Sriwijaya karena cocok pada daerah tropis.

Kertas buatan Ponogoro digunakan sebagai media lukis wayang beber, yang menjadi cikal bakal dari wayang kulit dan bahan utama Damar Kurung. Kertas buatan Ponogoro juga digunakan untuk material Balon Lebaran Ponogoro dalam perayaan idul fitri dan digunakan juga sebagai menulis kitab suci Al-Qur’an pada Pesantren Tegalsari yang diasuh oleh Kyai Ageng Hasan Besari.

Baca Juga :  Inilah Sejarah Patung Pancoran Jakarta
Pembuatan Kertas

Pada tahun 1814, Friedrich Gottlob Keller menemukan proses mekanik pembuatan pulp dari kayu, tetapi kualitas kertas yang dihasilkan masih rendah. sekitar 1853-1854, Charles Watt dan Hugh Burgess mengembangkan pembuatan kertas dengan menggunakan proses soda. Tahun 1857 Benjamin Chew Tilghman seorang kimiawan dari Amerika mendapatkan British Patent untuk proses sulfit. Pulp dihasilkan dari proses sulfit ini bagus dan siap diputihkan. Proses kraft dihasilkan dari eksperimen dasar oleh Carl Dahl pada tahun 1884 di Danzig. Proses ini biasa disebut proses sulfat.

Pembahasan diatas merupakan asal usul dan pembuatan kertas yang harus kita ketahui.
Untuk mengetahui asal usul sejarah pengetahuan lainnya bisa kita lihat di Channel E Indonesia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles