24.4 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

Komputer

Komputer awalnya digunakan hanya untuk mengolah beberapa permasalahan yang berhubungan dengan aritmetika. Sekarang, alat komunikasi ini  bisa dijadikan berbagai macam fungsi seperti hiburan, mengolah data, alat transaksi, media pengawasan,dll. Alat ini diciptakan pertama kali pada tahun 1822. Saat itu, ada sebuah alat yang diciptakan oleh seorang ahli matematika yang bernama Charles Babbage. Dia menciptakan sebuah alat yang lebih canggih dan jugta lebih ramah untuk masyarakat umum. Mesin itu dinamakan Analytical Machine.

Alat tersebut juga bisa dipakai untuk menghitung berbagai hal. Sejak saat itu, alat itu dikenal sebagi digital Purpose Computer. Berkat alat ciptaan Charles Babbage, banyak orang yang terbantu terutama untuk aktivitas yang berhubungan dalam menghitung.

Foto Istimewa

Generasi pertama dimulai ketika komputer digunakan dalam akademi dan militer, seperti Komputer Atanasoff-Berry dibuat pada tahun 1937 untuk menyelesaikan sistem persamaan linear dan komputer Colossus untuk memecahkan kode rahasia Jerman Nazi. Kemudian, ENIAC yang dibangun pada tahun 1946 menjadi komputer pertama untuk tujuan umum. Ketika komputernya dinyalakan untuk pertama kali, Philadelphia mengalami mati listrik. Alat Komunikasi generasi ini menggunakan tabung vakum untuk menyimpan data dan ukurannya memakan satu ruangan.

Generasi kedua dimulai ketika transistor menggatikan tabung vakum. UNIVAC diperkenalkan ke publik tahun 1951 untuk penggunaan komersial. Kemudian, pada tahun 1953, IBM memulai bisnis komputernya dengan merilis IBM 650 dan IBM 700. Berbagai bahasa pemrograman mulai dikembangkan dan alat ini mulai memiliki memori dan sistem operasi.

Generasi ketiga dimulai ketika teknologi transistor meningkat menjadi sirkuit terpadu. Komputer mini adalah inovasi yang signifikan dalam generasi ini dan mempengaruhi generasi selanjutnya. NASA menggunakan komputer generasi ini untuk melancarkan Program Apollo, seperti Komputer Bimbingan Apollo untuk mempermudah kendali Apollo Command/Service Module. Digital Equipment Corporation menjadi perusahaan komputer nomor dua di belakang IBM dengan  PDP dan VAX-nya. Alat Komunikasi ini membawa ke pengembangan sistem operasi yang berpengaruh, Unix.

Baca Juga :  5 Pemain Aktif dengan Gol Terbanyak dalam Sejarah Liverpool

Generasi keempat dimulai pada dasawarsa 1970-an ketika penemuan MOSFET dan integrasi berskala besar selanjutnya membawa ke pengembangan mikroprosesor di awal 1970-an. komputer pribadi yang semakin kecil berkat mikroprosesor mulai berkembang, dimulai dari  rumahan dan meja. Teknologi selanjutnya adalah laptop dan ponsel cerdas yang sangat fenomenal, membawa berbagai perusahaan teknologi ke dalam perang paten atas ponsel cerdas.

untuk info seputar pengetahuan bisa kita lihat di Channel E Indonesia

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles