Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan

Gambar istimewa

Dalam bahasa Jawa kunyit disebut juga kunir. Rempah-rempah ini sering dipakai dalam hidangan masakan Indonesia. Aroma dan warnanya yang khas, menjadikan rempah ini mudah dikenali.Tanaman yang masih satu rumpun dengan jahe, lengkuas, dan kencur ini mengandung berbagai khasiatnya.

Berikut penjelasan lengkapnya penjelasan manfaat kunyit untuk kesehatan :

  • Dapat Meredakan Peradangan

Senyawa kurkumin yang ada di rempah ini baik untuk membantu meredakan peradangan. Kandungan inilah yang nantinya akan menutup kerja dari sitokin dan enzim yang menyebabkan inflamasi pada badan.

  •  Obat Maag

Manfaat lainnya dari kunyit yaitu obat maag. Penyakit ini menjadi merupakan gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya luka pada lambung yang diakibatkan infeksi bakteri. Maag juga bisa disebabkan oleh gaya hidup yang kurang sehat seperti merokok dan mengonsumsi alkohol. Kunyit atau kunir memiliki kurkumin yang bisa mengobati iritasi pada lambung. Kurkumin juga dipercaya bisa mengendalikan produksi dari asam lambung yang berlebih.

gambar istimewa
  •  Mengobati Perut Kembung

Perut kembung juga terkadang sering dikeluhkan banyak orang. Penyebab utama dari perut kembung yaitu terlalu banyak gas yang ada di dalam perut. Kondisi inilah yang membuat tubuh menjadi tidak nyaman.Salah satu cara untuk mengatasi perut kembung adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kandungan kurkumin  bisa membuat pergerakan di dalam organ pencernaan menjadi lebih lancar. Dengan demikian, tekanan gas yang ada di dalam perut dapat dikurangi.

  •  Menyembuhkan Gejala IBS

IBS atau irritabble bowel syndrome merupakan peradangan yang terjadi usus besar. Peradangan ini bisa menyebabkan gangguan saluran pencernaan. Apabila peradangan menyebabkan adanya kontraksi pada usus yang terlalu sering, maka bisa berakibat pada diare kronis. Sedangkan jika peradangan menyebabkan otot usus tidak berkontraksi akan menyebabkan sembelit kronis.Berdasarkan penelitian, kunyit atau kunir bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh IBS. Senyawa aktif dalam kurkumin memiliki efek anti radang dan antioksidan sehingga kerja otot pada saluran pencernaan bisa kembali lancar. Kunir juga dapat membantu menyeimbangkan koloni dari bakteri baik yang ada di usus manusia. Bukan hanya kurkumin saja yang bisa menyembuhkan masalah IBS, namun kandungan magnesium dan kalium yang ada didalam kunyit juga bisa membantu mengatasi dehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh saat diare.

  • Membantu mengurangi rasa mual

Manfaat kunyit untuk kesehatan selanjutnya yakni untuk mengurangi rasa mual. Jika merasakan mual dan membuat badan terasa tidak enak, maka Anda bisa memanfaatkan kunyit yang ditambah dengan bubuk lada hitam. Percampuran keduanya memberikan efek lebih untuk mengatasi mual.

Baca Juga :  Mengenal Gejala Tipes Ringan hingga Parah

 

Lihat tips-tips kesehatan lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here