29.9 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Mengenal Asal Usul Ketoprak

Hallo Sobat Semua… Pasti kalian sudah tau bukan makanan yang bernama Ketoprak?? Nah, kalau sudah tau apa kalian sudah tau juga asal usul makanan ini?
Kalau belum tau, YUK kita bahas dan mengenal asal usul dari makanan Ketoprak yang satu ini.

Ketoprak bisa kita temui hampir disetiap kota di Indonesia. Rasanya yang nikmat serta harganya yang murah menjadikan makanan ini favorite disetiap tempat. Kuliner yang satu ini sering dijajakan oleh pedagang kaki lima dengan menggunakan gerobak pada malam hari. Namun seiring perkembangan zaman, kuliner ini bisa ditemui di restaurant-restaurant Indonesia.

Walaupun banyak penggemar, ternyata kuliner satu ini masih banyak yang belum tau asal usulnya.

Foto Istimewa

Asal mula ketoprak masih menjadi perdebatan, ada yang bilang bahwa ketoprak berasal dari Jawa Tengah dan juga ada yang mengatakan dari Cirebon. Meskipun berasal dari dua daerah tersebut, namun Ketoprak justru lebih terkenal di daerah Ibukota Jakarta.

 

Ketoprak mudah ditemukan dimalam hari dikarenakan para pedagang ketoprak yang awalnya berasal dari Jawa Tengah atau Cirebon merantau kedaerah Jakarta. Cita rasa saus kacang yang mirip dengan gado-gado membuat Ketoprak jadi lebih familiar dilidah masyarakat Indonesia.

Penamaan ketoprak bukanlah tanpa sebab. Nama ketoprak diambil dari bunyi yang dikeluarkan saat piring makanan terjatuh dari seorang penjual yang mencoba membuat suatu makanan berbeda agar makanannya laris dijual. Ia pun membuat campuran bumbu dari bawang putih, kacang tanah, dan cabai yang diulek menjadi satu lalu disiramkan di atas bahan-bahan yang ia punya, yakni bihun, tahu, dan ketupat. Setelah selesai membuat makanan tersebut, tangannya tergelincir dan menyebabkan makanan yang telah ia buat jatuh dan piring yang terlepas mengeluarkan bunyi ‘ketuprang’. Oleh karena itu, makanan yang ia buat kemudian dinamai dengan nama ketoprak. Ada juga yang bilang kalau ketoprak merupakan singkatan dari ketupat dan toge yang digeprak.

Baca Juga :  Kreasi Salad Bayam untuk Makan Siang, Penuhi Gizi Harian

Artitikel tersebut merupakan pembahasan mengenai Asal Usul Ketoprak. Semoga Informasi ini bisa menjadi pengetahuan.

 

Previous articleKomputer
Next articleAsal Usul Kertas

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,490SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles