32.1 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Kepulauan Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung,Pulau Papua. Kepulauan ini menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah laut. Empat gugusan pulau yang menjadi anggotanya dinamakan menurut empat pulau terbesarnya, yaitu Pulau Waigeo, Pulau Misool, Pulau Salawati, dan Pulau Batanta.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Kepulauan Raja Ampat juga merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Kepulauan Raja Ampat mempunyai kawasan terumbu karang terbaik di Indonesia.

Selain terumbu karang,Spesies yang unik yang bisa dijumpai pada saat menyelam adalah beberapa jenis kuda laut katai, wobbegong, dan ikan pari Manta. Juga ada ikan endemik Raja Ampat, yaitu Eviota raja, yaitu sejenis ikan gobbie. Hiu karang juga sering terlihat, kalau beruntung  juga bisa melihat penyu sedang diam memakan sponge atau berenang di sekitar laut. Di beberapa tempat seperti di Salawati, Batanta dan Waigeo juga terlihat Dugong atau ikan duyung.

ASAL NAMA KEPULAUAN RAJA AMPAT

Asal mula nama Raja Ampat menurut mitos masyarakat setempat berasal dari seorang wanita yang menemukan tujuh telur. Empat butir di antaranya menetas menjadi empat orang pangeran yang berpisah dan masing-masing menjadi raja yang berkuasa di Waigeo, Salawati, Misool Timur dan Misool Barat. Sedangkan, tiga butir telur lainnya menjadi hantu, seorang wanita, dan sebuah batu.

Luas wilayah Pulau Raja Ampat yang sekitar 9,8 juta acre. Meliputi daratan dan lautan menjadi rumah bagi 540 jenis terumbu karang, 700 jenis moluska, lima spesies penyu yang terancam punah, 57 udang mantis, serta 13 spesies mamalia laut.

Baca Juga :  Asal Usul Kertas

Salah satu ikon Raja Ampat adalah Pulau Wayag. Kumpulan bukit dan Gunung karts yang berada di tengah laut. Agar bisa memotret dan melihat pemandangan yang lebih indah, pengunjung harus menuju puncak bukit yang bisa didaki selama satu atau dua jam. Dari puncaknya, pengunjung bisa melihat seluruh pemandangan Raja Ampat.

Demikian ringkasan mengenai Pulau Raja Ampat. Untuk informasi seputar Pengetahuan lainnya bisa dilihat di Channel E Indonesia 

 

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles