26.1 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

FAKTA MENARIK MASJID AL-AQSHA

Masjid Al-Aqsa merupakan masjid tertua kedua setelah masjidil Haram di Makkah. Dalam islam, setiap Muslim dianjurkan oleh Nabi Muhammad dalam hadistnya yang mansyur untuk bepergian menziarahi tiga situs suci yakni Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa. Masjidil Aqsa mempunyai beberapa fakta menarik untuk diketahui diantaranya:

1. Kiblat Pertama Umat Islam

Foto Istimewa

 

Masjidil Aqsa adalah salah satu situs suci bagi umat islam. Sebelum menghadap ke Ka’bah di Makkah, Masjid Al-Aqsa menjadi kiblat ketika salat. Ini menjadikan Al-Aqsa sebagai kiblat pertama dalam islam.

Kiblat itu kemudian berubah arah menjadi menghadap Ka’bah. Setelah Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah dari Allah SWT untuk menjadikan Ka’bah sebagai kiblat melalui Surah Al-Baqarah.

2. Dome Of Rock sebagai Kubah Pertama

Masjid Al-Aqsha
Foto Istimewa

Kubah Batu atau Dome of Rock menjadi kubah pertama di dunia dan dalam sejarah arsitektur Islam. Kubah ini dibangun oleh Abdul Malik Bin Marwan dari Dinasti Umayyah. Awalnya kubah tersebut terbuat dari kayu yang dilapisi keramik atau kuningan.

Kubah Batu itu kemudian dilapisi dengan potongan marmer dan emas oleh Khalifah Utsmaniyah Sulaiman Agung pada kekuasaan Turki Utsmani. Di dalam Kubah Batu, terdapat batu yang di yakini sebagai tempat istirahat Nabi Muhammad sebelum naik ke langit ke tujuh saat Isra Miraj.

3. Al-Ghazali Pernah Tinggal dan Menulis Karya

Imam Al-Ghazali
Foto Istimewa

Seorang teolog, ahli hukum, dan filsuf asal Persia bernama Abu Hamid Al-Ghazali adalah salah satu tokoh Muslim yang paling berpengaruh kala itu. Di Al-Aqsa, ia menulis kitab Ihya Ulumuddin atau kebangkitan ilmu agama. Kitab itu lalu dianggap sebagai salah satu karya terbesar dalam literatur islam.

Kitabnya menjadi paling berpengaruh di antara buku yang paling banyak dibaca di dunia Muslim. Terdapat sebuah bangunan di Al-aqsa yang ditandai sebagai kamar Al-Ghazali berkarya.

4. Terdiri dari Empat Masjid

Al-Aqsha
Foto Istimewa

Banyak yang mengira jika Masjid Al-Aqsa hanya terdiri dari satu bangunan. Tempat tersebut sebenarnya adalah sebuah kompleks yang di dalamnya terdiri dari empat masjid. Masjid itu yakni Masjid Qibly, Masjid Buraq, Masjid Marwani, dan Kubah Batu (Dome of Rock). Kompleks yang lebih luas sebagai tempat Al-aqsa dinamakan Al-Haram Ash-Sharif atau tempat suci yang mulia.

5. Memiliki Perpustakaan

Perpustakaan
Foto Istimewa

Masjid Al-Aqsa memiliki perpustakaan yang didirikan pada tahun 1923 oleh Dewan Legislatif Muslim Tertinggi. Perpustakaan itu mencakup kumpulan peristiwa bersejarah yang terjadi di Palestina pada awal abad ke-20. Isi perpustakaan terdiri dari berbagai koleksi manuskrip berharga dan karya-karya yang diterbitkan dalam studi Islam dan Arab.

Nah, itulah beberapa info serta fakta menarik dari Masjidil Aqsa. Terimakasih semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum wr.wb.

 

Baca juga: Kisah dari ya’juj ma’juj

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles