32.9 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Patung Liberty

Hallo Sobat kalian pasti sudah tau tentang Patung Liberty bukan.. Nah sekarang kita akan pelajari lebih dalam mengenal Patung Liberty. Sebelum itu, bagi kamu yang ingin banyak mengetahui seputar pengetahuan lainnya bisa dilihat di Channel E Indonesia

Patung Liberty merupakan simbol kota New York. Patung tersebut yang ternyata di desain oleh pemahat Prancis, Federic Auguste Bartholdi pertama kali dibangun dan disusun diPrancis pada tahun 1874. Patung dewi kemerdekaan tersebut dipersembahkan oleh rakyat Prancis kepada rakyat Amerika, sebagai hadiah ulang tahun kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Setelah selesai dibuat di Prancis, patung tersebut dibongkar, dan dikemas dalam 200 muatan besar untuk dikirim ke Amerika. Patung Liberty selanjutnya disusun kembali di Bedloe’s Island di mulut pelabuhan Kota New York. Sedemikian lama proses pengepakan ini, hingga patung Liberty baru bisa diresmikan pada tanggal 28 Oktober 1886, sepuluh tahun setelah HUT kemerdekaan Amerika yang ke-100.

Dengan tinggi 46 meter dan berat 204 ton, Patung Liberty berdiri diatas landasan setinggi 46 meter. Bagian dalamnya diisi oleh rangka baja, sementara bagian luarnya dibuat dari plat tembaga. Rangka baja patung Liberty, dibuat dan dirancang oleh Gustave Eiffel, orang yang juga merancang dan membangun Menara Eiffel.

Patung Liberty menjadi ikon kota NYC. Sebenarnya, patung ini berada di wilayah New Jersey, tapi NYC lah yang menjadi pemiliknya. Patung Liberty terletak di Pulau Liberty, di muara Sungai Hudson di New York Harbor. Patung ini dihadiahkan Perancis untuk Amerika Serikat pada akhir abad ke-19 dan merupakan suatu simbol selamat datang untuk pengunjung, imigran dan orang Amerika yang kembali.

Pemahat patung adalah Frederic Auguste Bartholdi, dan Gustave Eiffel  merancang struktur penyangga dalamnya. Patung Liberty adalah salah satu ikon US yang paling terkenal di seluruh dunia, dan merepsesantikan kemerdekaan serta kebebasan dari tekanan. Liberty berasal dari nama dewi Romawi kuno, Libertas, yang melambangkan kebebasan dan kemerdekaan. Liberty membawa sebuah tablet yang bertuliskan July 4, 1776 dalam huruf Romawi yang merupakan hari kemerdekaan USA.

Baca Juga :  Populasi Muslim di Prancis

Nah sekarang kita sudah mengenal Patung Liberty dengan jelas dan pastinya sudah tau sejarah Patung Liberty

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles