HARTA HILANG,ANAK WAFAT, HINGGA DITINGGAL ISTRINYA

Nabi Ayub adalah salah satu nabi yang wajib diketahui oleh umat muslim. Nabi Ayub ini dikenal karena kepribadiannya yang sangat sabar, walaupun Nabi ayyub banyak di uji oleh Allah Swt. Kisah Nabi Ayub ini bisa kita jadikan pelajaran jika kita sedang mendapatkan suatu permasalahan yang berat.

Alur Cerita Nabi Ayyub

Nabi Ayyub AS merupakan seorang hamba Allah yang taat beribadah dan berdakwah di mesir. Iblis mengatakan kepada Allah Ayyub rajin ibadah karena ia hidup dalam kesenangan, maka allah memberikan pujian keimanan kepada Nabi Ayyub AS dengan menghilangkan harta yang dimilikinya. “Wahai Ayyub, lihatlah Allah Swt telah mengambil semua kekayaanmu, buat apa kamu terus beribadah?, seharusnya kamu marah” kata iblis. Tapi Nabi ayyub menjawab “Bahwa semua harta miliknya hanya titipan dari Allah, semuanya diambil oleh allah karena dialah sang pemilik sesungguhnya”.

Setelah itu Allah Swt menimpakan bencana yang menyebabkan anak-anaknya meninggal dunia, nabi Ayyub pun menjawab pernyataan yang sama kepada iblis. Tak sampai disitu Allah Swt kemudian memberinya ujian berupa penyakit seluruh badan nabi Ayyub menjadi gatal, koreng yang mengeluarkan bau tidak sedap sehingga dia dijauhi oleh orang-orang.

Nabi Ayyub kemudian mengungsi bersama istrinya yang setia dan sabar  merawatnya, untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari mereka menjual perhiasan yang dimilikinya.

Di pinggiran negeri, Nabi Ayub hanya tinggal berdua bersama istrinya. Istri Nabi Ayub memang bisa dijadikan contoh yang baik. Dirinya tidak peduli dengan kondisi suaminya yang berpenyakitan, bangkrut, hingga jatuh miskin. Ia tetap setia menemani Nabi Ayub, mengurus keperluannya, bahkan pergi mencari nafkah.

Berdoa Kepada Allah

Karena nabi Ayyub hanya bisa terbaring lemah di tempat tidur, hingga pada akhirnya iblis menggoda rahma yang membuat dia meninggalkan nabi Ayyub. Kesabaran nabi ayyub di uji disini. Nabi Ayyub merasa sedih dan berdoa kepada Allah Swt memohon kesembuhan, “Hentaklah kaki mu ke tanah” perintah Allah.

Baca Juga :  SUNAN GRESIK WALI PERTAMA PENYEBAR ISLAM DI TANAH JAWA

Nabi Ayyub lalu melakukannya sehingga munculah air dari dalam tanah. Atas perintah Allah nabi Ayyub mandi dengan air tersebut, dan penyakit yang selama bertahun-tahun dideritanya sembuh istrinya pun datang kembali dan menyesali telah meninggalkan nabi Ayyub. Nabi Ayyub memaafkan dan mereka hidup berbahagia serta kembali berdakwah.

Nah untuk info lebih lengkapnya, langsung ajah mampir ke channel youtube kami KanalPedia Islam

Baca juga: Kisah Nabi Daud AS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here