Awal mula terjadinya

Abdullah bin Ummi Maktum merupakan salah seorang sahabat Nabi SAW yang mulia. Ia menyandang disabilitas. Kedua matanya tak berfungsi sehingga ia tak bisa melihat.

Suatu hari, Abdullah mengikuti kajian Rasulullah SAW di masjid sebagaimana biasa. Rasulullah SAW menyampaikan tentang kewajiban setiap Muslim yang mendengarkan adzan untuk segera menunaikan shalat di masjid. Karena kondisi fisiknya, Abdullah memberanikan diri untuk bertanya kepada Rasulullah SAW. “Wahai Rasulullah SAW apakah saya juga diwajibkan kendati selama tidak bisa melihat? Tanya dia.

Rasul menjawab “Apakah engkau mendengar seruan azan?”. “Ya, saya mendengarnya”, Maka Rasulullah SAW pun memerintahkannya agar tetap pergi ke masjid meskipun sambil merangkak.

Suatu Ketika waktu subuh azan dikumandangkan dari masjid, Ibnu Ummi Maktum pun bergegas ke tempat ibadah itu. Namun, ditengah jalan kakinya tersangkut batu hingga mengeluarkan darah. Betapa pun begitu tekadnya sudah bulat untuk tetap melangkahkan kaki ke Masjid.

Subuh keesokan harinya seorang pemuda menghampirinya dengan maksud untuk menolongnya, Abdullah Bin Ummi Maktum pun dituntun oleh pemuda itu dalam perjalanan menuju masjid.

Terjadinya Peristiwa

Demikianlah selama berhari-hari sang pemuda selalu mengantarnya ke masjid, Ibnu Ummi Maktum pun ingin sekali membalas kebaikannya “Wahai saudaraku, Siapakah gerangan nama mu? Aku mengetahui nama mu agar bisa mendoakanmu kepada Allah SWT” Ujarnya. “Apa untungnya bagi anda mengetahui namaku, Dan aku tak mau engkau doakan” Jawab sang pemuda.

Jika demikian kata Abdullah sembari memegang tangan pemuda itu “Cukup sampai disini saja engkau membantuku, aku tak mau engkau menolongku lagi karna engkau tak mau didoakan”, akhirnya sang pemuda pun memperkenalkan diri “Wahai Ibnu Ummi Maktum ketahuilah sesungguhnya aku adalah Iblis” Abdullah tersentak, “Kalau kau memang Iblis, mengapa menolongku dan selalu menghantarku ke masjid bukankah semestinya kau mencegahku agar tidak ke masjid” tanya Ibnu Ummi Maktum lagi.

Baca Juga :  KISAH NELAYAN MISKIN DAN PEJABAT DZALIM

Sang pemuda kemudian membuka rahasia atas pertolongannya selama ini, “Wahai Ibnu Ummi Maktum masih ingatkah engkau beberapa hari yang lalu tatkala engkau hendak ke masjid dan engkau tersandung batu, aku tidak ingin hal itu terulang lagi sebab lantaran engkau terjatuh, Allah SWT telah mengampuni dosa mu yang separuh.

Aku takut kalau kau tersandung lagi Allah SWT akan menghapus dosamu yang separuhnya lagi sehingga terhapuslah dosamu hingga seluruhnya, maka sia sia lah kami setan menggodamu selama ini” Jawab Iblis tersebut.

itu dia beberapa penjelasan mengenai kisah ibis yang menolong sahabat Rasulullah Saw. semoga info dan pesan yang kami sampaikan dapat bermanfaat. nah, untuk megetahui secara lebih dalam kisahnya? yuk! langsung aja pindah ke channel youtube kami “kanalpedia islam

Baca Juga : kisah nabi ayyub di uji oleh Allah swt\

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here