Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Hingga Ibu Hamil

Khasiat dan Manfaat Madu Untuk Kesehatan Hingga Ibu Hamil
Foto Istimewa

Begitu banyak nutrisi yang terkandung di dalam madu murni, maka tak heran manfaat yang didatangkan pun melimpah jika kita rutin mengonsumsinya dengan takaran yang tepat. Simak manfaat madu selengkapnya berikut ini:

15. Antibakterial

Salah satu komponen penting dalam madu, yaitu glukosa oxidase, adalah enzim yang menghasilkan hidrogen peroksida.

Penelitian menunjukkan bahwa ini adalah salah satu alasan utama mengapa madu tampaknya memiliki kemampuan antibakteri dan penyembuhan luka yang begitu kuat.

Produksi hidrogen peroksida hanyalah salah satu cara yang luar biasa bahwa madu dapat membantu membunuh bakteri dan menyembuhkan luka.

14. Antioksidan Tinggi

Meski madu yang berwarna lebih gelap umumnya mengandung lebih banyak antioksidan dibandingkan madu yang warna terang, keduanya masih kaya akan sumber antioksidan.

Antioksidan bekerja melawan radikal bebas dan mendorong pertumbuhan jaringan baru. Hal ini membantu mempercepat penyembuhan sel tubuh yang rusak serta membantu kulit tampak lebih muda dan lebih bercahaya.

13. Sebagai Pembersih Luka

Karena memiliki sifat antibakteria, salah satu manfaat madu adalah sebagai pembersih luka.

Aplikasikan madu ke luka bakar kecil atau luka ringan, lalu pelan-pelan gunakan seperti sedang menggunakan salep. Madu dapat membunuh bakteri dan membantu mempercepat waktu penyembuhan.

12. Menjaga Kesehatan dan Kesegaran Mulut

Jika kamu memiliki bau mulut, cobalah campuran 1/4 gelas air putih, satu sendok teh madu mentah dan satu sendok teh lemon. Berkumurlah selama tiga menit lalu buang. Bau mulut pun akan hilang!

11. Menyeimbangkan Gula Darah

Meski madu rasanya manis, madu memiliki indeks glikemik yang cukup rendah. Gula alami dalam madu memiliki efek “slow release“, yang berarti tidak menyebabkan gula darah naik dengan cepat, tidak seperti pemanis lainnya seperti gula pasir.

Meski manis, madu tidak akan menyebabkan kadar gula darah melonjak secepat makanan tinggi gula lainnya.

10. Meredakan Batuk

Menyembuhkan batu adalah salah satu manfaat madu yang mungkin masih jarang diketahui.

Toppers bisa membuat obat batuk dengan bahan alami yang sangat efektif dan dengan menggunakan bahan berikut: satu gelas air mineral, 1/4 gelas akar jahe segar, satu sendok makan kayu manis, ¼ gelas lemon segar dan satu gelas madu.

Tuangkan semua, kecuali ¼ gelas lemon segar dan satu gelas madu ke dalam panci dan panaskan sampai mendidih.

Didihkan sampai volume cairan menjadi kurang lebih setengahnya. Setelah mendidih, tuang cairan ke saringan halus untuk menghilangkan sisa-sisa yang tidak diinginkan. Saat cairannya masih hangat (bukan mendidih), campurkan lemon dan madu.

Aduk rata dan simpan dalam wadah kedap udara di dalam kulkas. Toppers bisa menggunakannya kapan saja!

9. Membantu Program Diet

Madu adalah pemanis yang lebih baik dan jauh lebih sehat daripada gula. Jika Toppers ingin menurunkan berat badan, ganti gula dengan madu. Ini akan meningkatkan metabolisme tubuh dan memberimu energi.

Tapi ingat, semua yang kamu konsumsi harus tetap makanan yang sehat. Kamu harus makan makanan sehat dan olahraga rutin agar berat badan turun permanen.

Untuk tambahan, campurkan setengah sendok teh kayu manis organik ke dalam secangkir air mendidih selama 10 menit. Tambahkan satu sendok teh madu mentah dan kamu bisa langsung mengonsumsinya!

8. Bersifat Hidroskopis

Dalam keadaan alaminya, madu memiliki kandungan air yang sangat rendah, namun dapat menyerap kelembaban saat terkena udara.

Sifat hidroskopis ini membuat madu sangat bermanfaat untuk Toppers yang memiliki kulit kering sebagai komposisi di dalam perawatan kulit dengan mempertahankan kelembapannya lebih baik.

7. Conditioner Rambut

Manfaat madu lainnya adalah sebagai conditioner alami. Cara untuk memanfaatkan madu sebagai conditioner alami juga cukup mudah.

Campur 1/2 gelas madu dengan 1/4 gelas minyak zaitun yang hangatkan sebentar di atas kompor. Oleskan campuran tersebut ke rambut dan kemudian biarkan meresap masuk, bungkus rambut dengan handuk agar madu lebih meresap.

Setelah meresap, bilas rambut dengan air dingin hingga bersih dan tidak lengket.

6. Membuat Kulit Halus

Kualitas yang sama yang membuat madu bagus untuk rambut mu juga membuatnya bagus untuk kulit. Madu adalah komposisi yang bagus untuk menjaga agar kulit tetap lembut dan bersih.

Cukup tambahkan dua sendok makan madu dan segelas air panas dan biarkan larut. Tambahkan dua sampai tiga tetes lavender essential oil, lalu tuangkan campuran ke bak mandi.

5. Lip Balm Alami

Cara yang sangat mudah untuk menyembuhkan dan mencegah bibir pecah-pecah bisa dengan menggunakan madu. Campurkan beeswax hangat dan minyak zaitun dengan perbandingan 1:3.

Kemudian tambahkan satu atau dua sendok makan madu ke dalam campurannya. Setelah campuran telah didiamkan beberapa jam, lip balm siap untuk digunakan.

4. Memperkuat Kuku

Jika kamu memiliki kuku yang lemah dan rapuh, cobalah mencampur satu sendok makan madu dengan 1/4 gelas cuka apel. Rendam kuku selama 10 menit dan bilas.

Ulangi setiap minggu untuk kutikula dan kuku yang kuat dan sehat.

3. Masker Wajah

Manfaat madu selanjutnya adalah sebagai masker kecantikan. Madu secara efektif dapat mengobati kondisi wajah seperti jerawat, rosacea dan eksim, sementara minyak kelapa sangat bagus untuk menghilangkan kulit kering atau kulit yang teriritasi, juga untuk mengurangi keriput.

Menggabungkan keduanya dan menjadikannya masker wajah menjadikan kulit super lembut, bercahaya, dan terhidrasi! Campur satu sendok makan minyak kelapa dan satu sendok makan madu mentah dalam mangkuk kecil sampai tercampur rata.

Oleskan campuran tersebut ke wajah dan leher dengan lembut. Biarkan meresap sampai 20 menit, lalu bilas dengan air. Sederhana, mudah dan efektif!

2. Mengatasi Heartburn

Bagi ibu hamil yang sering merasakan heartburn atau nyeri di ulu hati, konsumsi madu bisa mengatasi masalah ini karena kandungan di dalamnya mampu menurunkan kadar asam lambung.

1. Membantu Ibu Hamil Tidur Nyenyak

Penting untuk ibu hamil mendapatkan waktu istirahat yang cukup dengan tidur yang berkualitas di malam hari. Namun, masalahnya wanita yang tengah mengandung seringkali mengalami insomnia karena perut yang membesar.

Untuk mengatasi masalah ini, madu bisa memberikan rasa nyaman dan rileks. Sehingga membantu untuk tidur nyenyak. Untuk mendapatkan manfaatnya, konsumsi satu sendok madu bersamaan dengan susu hangat sebelum tidur.

Nah itu tadi gais penjelasan dari kita khasiat madu untuk kesehatan hingga ibu hamil

lihat artikel lainnya disini.

Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!