Manfaat Kunyit Asem Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker!

Manfaat Kunyit Asem Bagi Kesehatan, Bisa Mencegah Kanker!
Foto Istimewa

Manfaat kunyit merupakan salah satu bahan masakan dapur, yang termasuk kedalam rempah rempah dan obat asli dari wilayah Asia Tenggara. Sudah bukan menjadi rahasia lagi jika kunyit meiliki manfaat yang sangat beragam, mulai dari untuk Kesehatan, kecantikan, masak, dan lainnya. Biasanya kunyit juga digunakan sebagai bahan baku dalam membuat jamu tradisional. Tidak heran sebab kunyit memang mengandung vitamin dan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Selain itu, kunyit juga mengandung kurkumin, minyak atsiri, fosfor, zat besi, dan kalsium. Kunyit pun sudah umum dan popular digunakan di dalam dunia pengobatan sebagai obat herbal. Berikut ialah manfaat kunyit sebagai obat herbal penumpas penyakit yang harus anda ketahui.

8. 1. Obat batuk

Batuk merupakan penyakit yang bisa menyerang siapa saja dan dimana saja tanpa memandang jenis kelamin atau usia. Penderita batuk pasti akan merasa tidak nyaman saat malam hari, terutama jika batuk disertai dengan tenggorokan gatal dan berdahak. Cuaca dingin saat malam hari pun bisa memicu batuk menjadi lebih parah.

Sebagian orang pun menganggap batuk merupakan penyakit umum dan enggan meminum obat apalagi obat kimia. Jika kamu termasuk salah satunya, kamu bisa menggunakan pengobatan alami seperti kunyit. Karena kunyit memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

Untuk membuat obat herbal dari kunyit cukup mudah. Pertama, parut kunyit dan juga jahe sebesar jari kelingking. Kemudian seduh parutan jahe dan kunyit. Anda bisa menambahkan gula batu dan air jeruk nipis untuk menutupi bau dan rasa dari kunyit. Ramuan ini bisa diminum dua kali dalam sehari.

6. 3. Sembelit

Sembelit dialami oleh sebagian besar orang. Dan masih banyak orang yang belum berhasil dalam mengatasi sembelit. Mungkin kamu bisa beralih dengan mencoba manfaat kunyit.

Sediakan kunyit sebesar satu ibu jari, kemudian lumatkan dan rebus kunyit dengan air lalu tambahkan air asam jawa. Lalu masak bahan bahan tersebut selama lima menit. Setelah mendidih, saring dan dinginkan kemudian minum ramuan herbal tersebut sekaligus selagi hangat.

5. 4. Demam

Sudah sejak dahulu kala manfaat kunyit dipercaya sebagai obat herbal untuk menurunkan demam. Cara membuat ramuan herbal ini dengan parut kunyit dan tambahkan sedikit air dan peras. Tambahkan lagi air kunyit dengan madu dan kuning telur ayam kampung dan minum sekaligus.

4. 5. Mencegah kanker

Kandungan kurkumin yang ada didalam manfaat kunyit bisa meningkatkan fungsi hati dan efektif dalam menangkal serta mengobati kanker.

3. 6. Kolestrol

Salah satu kandungan vitamin yang terdapat didalam kunyit ialah kandungan vitamin B6 yang bermanfaat untuk mengontrol kadar kolestrol dalam tubuh dan menekan resiko terkena penyakit jantung.

2. 7. Mencegah penyakit alzaimer

Kurkumin didalam kunyit tidak hanya berfungsi untuk mencegah kanker namun juga mampu mengaktifkan gen yang mengkode produksi protein antioksidan sehingga meminimalisasi dan mencegah seseorang terkena alzaimer.

1. 8. Asam lambung

Bagi penderita asam lambung, bisa menggunakan kunyit untuk mengobatinya sebab kunyit efektif sebagai obat herbal untuk asam lambung. Anda cukup mengeringkan kunyit dan menumbuknya hingga halus. Setelah itu, seduh bubuk kunyit dengan air hangat dan langsung minum.

Baca Juga :  Anggrek rothschild, Anggrek Emas Kinabalu yang Termahal di Dunia!

Itu lah manfaat kunyit bagi Kesehatan sebagai obat herbal alami. Tetapi sebaiknya kamu memperhatikan konsumsi kunyit sebab konsumsi kunyit yang berlebihan bisa memicu mual dan diare, selain itu, kunyit juga bisa menurunkan gula darah serta tekanan darah.

Nah itu tadi gais penjelasan dari kita khasiat bengkoang untuk kesehatan kulit

lihat artikel lainnya disini.

Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here