Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan

Manfaat Lidah Buaya untuk Kecantikan
Foto Istimewa

Setelah mengetahui manfaat lidah buaya untuk kesehatan, selanjutnya yang akan dibahas adalah manfaat lidah buaya untuk kecantikan. Berikut manfaat-manfaat lidah buaya untuk kecantikan.

5. 1. Pemeliharaan Rambut

Pada umumnya, tanaman lidah buaya dijadikan bahan utama shampo. Hal ini dikarenakan lendir yang dihasilkan dari tanaman lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menyuburkan rambut. Eksudat (getah daun yang keluar bila dipotong) secara tradisional dapat langsung digunakan untuk pemeliharaan rambut.

Pemeliharaan rambut yang dimaksud, seperti memperkuat rambut supaya tidak mudah rontok dan menjaga kualitas rambut setelah terkena sinar matahari. Penggunaan lidah buaya yang baik dan benar bisa membuat rambut lebih terjaga.

Bukan hanya itu, lidah buaya juga bisa digunakan sebagai masker rambut. Adapun cara membuat masker sangat mudah untuk dilakukan. Pertama, potong atau belah 2 sampai tiga lidah buaya, lalu kupas kulitnya serta daging buah lidah buaya dihaluskan. Kedua, balurkan lendir lidah buaya dari akar sampai ujung rambut. Ketiga, pijat kepala secara perlahan-lahan dan diamkan sekitar satu jam. Keempat, jika sudah didiamkan sekitar satu jam, kemudian bilas dengan air bersih sampai bersih.

4. 2. Melembapkan Kulit

Lidah buaya yang dipotong dan diambil lendirnya, kemudian dicampur dengan minyak esensial tea tree bisa dipakai untuk melembapkan kulit yang kering.

Setelah mencampurkan kedua bahan itu. Selanjutnya oleskan kedua bahan itu pada bagian kulit yang kering. Kemudian diamkan selama 10 sampai 15 menit, setelah itu bilas dengan air dingin.

Lendir lidah buaya yang diambil dan ditempelkan atau dioleskan pada permukaan kulit yang kering akan memberikan yang sangat baik kesehatan kulit.

Penggunaan lidah buaya secara teratur dapat menjaga kulit menjadi tidak mudah kering dan kelembapan kulit akan terjaga. Kondisi kulit yang terjaga dengan baik maka bisa mencegah kulit mati atau rusak karena terpapar sinar matahari langsung.

Baca Juga :  5 MAKANAN KHAS MEKSIKO YANG MENDUNIA

3. 3. Menjaga Kelembapan Wajah

Lendir lidah buaya dioleskan pada permukaan kulit wajah, seperti masker, bisa memberikan manfaat yang baik pada kecantikan wajah.

Penggunaan masker lidah buaya secara rutin dapat menjaga kulit wajah supaya tetap lembap dan kencang. Kondisi kulit wajah yang lembap dan kencang akan dapat menjaga wajah semakin bersih.

Selain membuat wajah menjadi bersih, kulit yang lembap dan kencang bisa mencegah terjadinya penuaan dini. Hal itu dikarenakan sel-sel kulit tidak cepat kering dan rusak serta mengurangi kerutan-kerutan pada wajah.

2. 4. Mencegah Gatal di Kulit Kepala

Penyakit gatal yang terjadi pada kulit kepala disebut dengan nama pruritus. Penyakit gatal pada kepala bisa disembuhkan menggunakan lidah buaya.

Mengapa lidah buaya bisa mencegah gatal pada kulit kepala? Hal ini dikarenakan lidah buaya mengandung enzim yang bisa mencegah penyakit tersebut.

Oleh karena itu, penggunaan lidah buaya sangat dianjurkan supaya penyakit gatal pada kulit kepala bisa sembuh. Agar penyakit gatal pada kepala tidak ada lagi maka bisa melakukan perawatan pada kulit kepala dengan menggunakan lidah buaya secara rutin.

1. 5. Menghilangkan Jerawat

Kandungan lidah buaya yang kaya akan vitamin membuat lidah buaya dapat dimanfaatkan untuk menghilangkan jerawat atau bekas jerawat itu sendiri. Hilangnya jerawat atau bekasnya membuat wajah terlihat bersih sehingga akan meningkatkan rasa percaya diri.

Gangguan jerawat dan jerawat akan hilang jika perawatan wajah dengan lidah buaya dilakukan secara rutin. Perawatan yang rutin akan menghasilkan yang baik yaitu wajah menjadi bersih.

Nah itu tadi gais penjelasan dari kita manfaat lidah buaya untuk kecantikan

lihat artikel lainnya disini.

Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

Baca Juga :  4 Manfaat Melakukan Solo Traveling

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here