30.5 C
Jakarta
Sunday, August 14, 2022

Masjid Agung Di Tengah Katolik Roma

Masjid Agung ditengah kota katolik Roma

Penduduk Roma mayoritas memeluk agama katolik, hal itu terlihat dari banyaknya gereja yang berdiri di setiap pemukiman. Meski demikian, ada juga penduduk yang memeluk agama Islam. Dibukanya ramadhan ini mereka tetap menjalankan ibadah puasa selayaknya umat muslim di belahan dunia lain.
Ditengah banyaknya gereja, ada satu masjid besar yang menjadi pusat aktivitas kaum muslim di Roma. Tepatnya di moschea di Roma atau masjid di Roma. Masjid yang berdiri di atas lahan seluas 30.000m² ini di resmikan pada bulan Juli tahun 1995, dana pembangunan masjid ini merupakan donasi dari 23 negara salah satunya adalah negara Indonesia.
Selain Indonesia, negara yang ikut menyumbang adalah Brunei Darussalam, Malaysia, Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Bangladesh, Mesir, Uni Emirat Arab, Yordania, Irak, Kuwait, Libya, Maroko, Mauritania, Oman, Pakistan, Qatar, Senegal, Sudan, Tunisia, dan Myanmar.

Total muslim di Rusia

Total umat muslim di Rusia sekitar 1,5juta orang, mereka kebanyakan pendatang dari negara Islam seperti Mesir, Maroko, Tunisia, Bangladesh, Pakistan, dan negara lain di Afrika. Penduduk asli Italia yang menganut agama Islam jumlahnya lebih kecil lagi sekitar 100ribu orang.
Meski demikian agama Islam cukup berkembang di Italia loh teman teman. Masjid Roma juga selalu ramai setiap harinya, ada saja yang menunaikan shalat 5 waktu sampai sekadar datang untuk mengaji.
Masjid ini juga masjid terbesar di Uni Eropa, fasilitas nya juga terlengkap, ada 2 bangunan masjid di masjid Roma, bangunan masjid besar terletak di lantai 2 bisa menampung lebih dari 3000 orang namun hanya dibuka saat shalat Jumat, bulan Ramadhan dan shalat Ied. Kemudian, ada bangunan masjid kecil yang terletak di lantai 1 dan mampu menampung 100 orang. Bangunan ini digunakan untuk kegiatan ibadah sehari hari.
Pada bulan Ramadhan di adakan lomba hafalan Qur’an disamping berbuka puasa dan shalat tarawih bersama. Shalat tarawih baru dimulai sekitar pukul 23.00 waktu setempat karena pada akhir musim semi matahari di Italia baru tenggelam pukul 20.30 selama bulan puasa jamaah yang datang ke masjid Roma bisa mencapai 3000 orang.
Semakin dekat penghujung Ramadhan, jumlah jamaah malah semakin banyak loh teman teman. Masya Allah ya teman teman. Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai masjid Agung di tengah kota katolik Roma

Nah untuk info lebih lengkapnya, langsung aja mampir ke channel youtube kami Kanal Dunia Islam

Baca Juga :  3 Fakta Menarik Bunga Edelweiss

Baca juga: kisah iblis menolong rasulullah saw

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,450SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles