Beginilah Pesona Alam Di Uzbekistan

0
229
uzbekistan
foto istimewa

Jejak Islam di Uzbekistan

Uzbekistan merupakan negara kecil di asia tengah, ternyata menyimpan banyak jejak perkembangan budaya dan islam. citra Uzbekistan negara miskin Ingin segera dihapus pemerintah terkini, dengan menonjolnya kembali warisan budaya yang bahkan membuahkan penghargaan dari unesco.

Negara Uzbekistan terletak di asia tengah dan eropa timur yang dulunya menjadi bagian dari uni soviet sebelum pecah menjadi negara sebelumnya. Wilayah Uzbekistan di kelilingi wilayah daratan dari negara lain seperti kazakstan di barat dan utara, Kirgizstan dan tajukistan di timur, serta Afghanistan dan Turkmenistan di selatan.

Wilayah ini menjadi bagian dari jalur sutra yang menghubungkan berbagai negara di dunia lewat perdagangan berbagai komunitas tak heran jika di Uzbekistan budaya dan agama telah beragam sejak zaman dulu.

Perkembangan budaya

Di Uzbekistan agama islam menjadi mayoritas dengan jumlah penganut 90% dari total penduduk, fakta ini tidak di herankan karena Uzbekistan menjadi bagian dari kejayaan islam. Memori kejayaan islam bisa di lihat dari beberapa masjid, madrasah dan makam yang dihiasi ornamen. Kedua kota ini menjadi pusat perkembangan budaya dan ilmu pengetahuan islam.

Komplek inilah yang dikatakan menjadi tempat peristirahatan terakhir Qasim Ibn Abbas, sepupu Rasulullah SAW yang menyebarkan Islam ke wilayah tersebut. Islam memang menjadi agama mayoritas, namun tak perlu khawatir bagi penganut agama dan kepercayaan lain.

Toleransi antar agama dan budaya memungkinkan tak ada perbedaan antara kelompok mayoritas dan minoritas. Saling menghormati terlihat di situs pemakaman yang dipercaya mengubur jasad St Daniel, seorang Nabi dalam kepercayaan Yahudi.

Pengunjung pemakaman nyatanya juga berasal dari penganut Islam dan Kristen yang juga ingin mengirim doa. Tiap pagi selalu terdengar aneka doa di makam yang dikelilingi pohon aprikot dan pistachio, berbentuk panjang, dan agak aneh ini. Di sana, St Daniel dikenal juga dengan sebutan Daniyar.

Baca Juga :  KISAH ABU BAKAR DAN NENEK TUA

Pemerintah juga melakukan reformasi sosial, ekonomi, dan hubungan internasional usai lepas dari kepemimpinan diktator pada 2016.

itulah pesona uzbekistan serta peninggalan sejarah islam di dunia, mau tau info selengkapnya? yuk! langsung aja mampir ke channel youtube KanalDuniaIslam

Baca Juga: Tradisi Unik Idul Adha Di Maroko

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here