BEGINILAH SUASANA IDHUL ADHA DI MAROKO

0
165
idul adha
foto istimewa

Tradisi Unik Idul Adha Di Maroko, Seperti Pesta Halloween


Idhul Adha di Maroko merupakan salah satu yang paling unik diantara negara lainnya. Untuk menyambut hari raya Idhul Adha pada pemuda di Maroko menggunakan pakaian wol hingga menyerupai seperti kambing dalam karnaval Bouljoud, lalu berjalan keliling kampung.

Idul Adha di Maroko lebih dikenal dengan sebutan Ied Kabir atau hari raya besar. Kira kira kenapa ya? Nah ini jawabannya.

Masyarakat Maroko berkumpul dengan menjadi satu untuk merayakan kebahagiaan dan kebersamaan, disini lah letak ke sakralan Eid Adha dimata orang orang Maroko. Berbeda dengan Idul Fitri, saat Idul Fitri orang orang Maroko tidak libur bekerja.

Hanya beberapa instansi yang meliburkan karyawannya, warung-warung pun buka dan berjalan seperti biasanya. Tradisi mudik pun tak ditemukan saat Idul Fitri. Berbeda dengan Idul Fitri saat hari raya Idul Adha suasana dijalan begitu hidup, anak anak kecil, laki laki, perempuan hingga orang dewasa memadati gang gang disudut desa.

Ledakan petasan bergemuruh secara bergantian, tabuhan tobla mengalun keras diiringi takbir.

Beginilah suasana Idul Adha yang dapat kita temukan di Maroko

Pada Ied Kabir hampir setiap rumah berkurban, baik berkurban kambing maupun domba. Bahkan sampai keluarga miskin pun berkurban, di Maroko tradisi berkurban menjadi seperti wajib dari yang kaya sampai yang miskin.

Hari pertama Idul Adha di Maroko

Pada hari pertama tanggal 10 Dzulhijah, setelah melaksanakan salat Ied berjamaah di lapang luas, dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Jika di tanah air setelah disembelih maka daging kurban langsung dibagikan kepada yang berhak menerimanya, lain hal nya di Maroko.

Hal yang pertama kali mereka lakukan ialah mengambil hati hewan kurban kemudian disate yang disebut dengan kabab, biasanya mereka secara bersama sama memakannya dengan teh na’na khas Maroko. Pada sore hari barulah acara silaturrahim, saling berkunjungnya keluarga, sanak saudara dan kerabat.

Itulah rangkaian kegiatan pada hari eid khabir di Maroko, untuk info lebih lengkapnya. yuk! langsung aja mampir ke channel youtube Kanal Dunia Islam

Baca juga: masjid agung di negara roma

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here