28.8 C
Jakarta
Friday, August 19, 2022

Asal Usul Penemuan Roda

Asal usul penemuan roda memang memiliki banyak versi. Meski bukti penggalian arkeologi roda ditemukan di Mesopotamia, namun bukti linguistik yang mendukung asal usul penemuan roda justru ada di Eurasia.
Meskipun kemudian roda tak bisa diaplikasikan sebagai alat transportasi manusia satu-satunya, seperti salah satunya di gurun pasir yang tak memungkinkan menggunakan roda, namun roda adalah salah satu temuan besar manusia

Pada tahun 1845, seorang insinyur Inggris bernama Thomson, menemukan ban hidup. Ban hidup adalah ban yang berongga dan berisi udara hingga ban jadi “empuk.” Ban yang dipasang di sekeliling roda itu terbuat dari kulit binatang. Kemudian pada tahun 1870, Dunlop mengganti ban hidup itu dengan karet. Roda dengan ban karet itulah yang digunakan sampai sekarang.

Roda sendiri adalah elemen penting yang hampir ada di setiap produk atau piranti keseharian kita. Baik digunakan dalam industri ban mobil, motor dari mesin, kemudi, tembikar dan masih banyak lagi. Dari penemuan yang sederhana berupa roda dari kayu ini, berbagai penemuan-penemuan lain pun berkembang.

Roda ditemukan pertama kalinya sekitar tahun 3500 SM.
Meski ada yang mengatakan juga, 300 tahun sebelumya, roda sederhana sudah ditemukan di Mesopotamia dan digunakan untuk menggulirkan kereta troli atau kereta perang.

Foto Istimewa

Bukti yang mendukung fakta bahwa roda sudah ada di 3500 SM adalah ditemukannya roda tertua di sebuah penggalian arkeologi di kawasan Mesopotamia. Roda tertua itu berasal dari zaman perunggu, zaman dimana kehidupan manusia masih sangat primitif.
Namun di zaman itu pula, manusia sebenarnya sudah mengenal kehidupan bercocok tanam juga beternak hewan.

Kelahiran roda di masa ini, dikaitkan dengan kebutuhan manusia purba di masa itu yang butuh alat angkut untuk memindahkan hasil panen ladangnya atau hasil dari peternakannya dari satu tempat ke tempat yang lain.
Penemuan roda di zaman perunggu itu sebenarnya sudah merupakan penemuan mutakhir.
Karena tak hanya menemukan roda kayu yang bisa menggelinding saja, namun juga roda yang disambung dengan as sehingga dua roda bisa melajukan sebuah kereta dorong.

Baca Juga :  Sejarah Perkembangan Laptop Pertama Didunia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles