Haramkah membunuh cicak?

Sering kita bertanya tanya, membunuh seekor cicak boleh tidak, haram tidak? namun setelah mengetahui alasannya mungkin barulah kita sadar akan hikmahnya.

Karena pada dasarnya seorang muslim pasti akan selalu taat dan patuh terhadap perintah Allah dan Rasul-Nya, ketika Allah melarang sesuatu, maka seorang muslim harus taat atas apa yang diperintahkan.

Katanya, dengan membunuh cicak kita akan dapat pahala yang banyak. Anggapan ini didasarkan pada sebuah hadist, seperti ini bunyinya.

“Barang siapa yang membunuh cicak sekali pukul, maka dituliskan baginya pahala seratus kebaikan. Barang siapa yang memukulnya, maka baginya pahala yang kurang dari pahala pertama. Dan jika memukul lagi maka baginya pahala lebih kurang dari yang kedua,” (HR Muslim).

Perlu diketahui bahwa seekor cicak atau tokek, termasuk hewan fasiq yang boleh untuk dibunuh, adapun beberapa alasan mengapa cicak dianjurkan agar dibunuh.

Perlu diketahui bahwa cicak atau tokek, termasuk hewan fasiq yang boleh untuk dibunuh, adapun beberapa alasan mengapa cicak dianjurkan agar dibunuh.

Dalam sebuah hadits disebutkan: yang Artinya: “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan untuk membunuh cicak. Beliau bersabda, “Dahulu cicak ikut membantu meniup api (untuk membakar) Ibrahim ‘alaihis salam.” (HR. Bukhari, no. 3359).

Alasan cicak boleh dibunuh

Tidak hanya itu saja ada beberapa alasan lainnya antara lain1. Temannya para penyihir
Tokek dan cicak disebut sebagai fuwaisiqoh (hewan kecil yg jahat), karena hewan tersebut sangat memusuhi manusia dan menjadi sahabat favorit para setan dan tukang sihir.
Biasanya tukang sihir menjadikan cicak dan tokek sebagai hewan pengintai target sihir mereka, menjadi mata-mata, media untuk menyemburkan sihir di rumah, bahkan ditugaskan untuk mencuri barang milik target untuk dijadikan media perantaraan sihir (spt rambut, kuku, celana dalam, dll).

2. Kotoran yang keluar darinya itu Najis
Cicak adalah hewan yang sering kita temui dimana saja bahkan dirumah kita juga ada, namun binatang yang kecil ini suka membuat jengkel terutaman saat cicak mengeluarkan dimana saja kotorannya.

Baca Juga :  KISAH PERJUANGAN IBUNDA NABI MUSA AS

3. Musuh Nabi Ibrahim ‘alaihissalam
Mengutip dari pendapat Ummu Syarik radhiallahu ‘anha, Nabi Muhammad SAW memerintahkan untuk membunuh cicak, Sebagaimana Sabda RAsulullah SAW
“Dahulu, cicak yang meniup dan memperbesar api yang membakar Ibrahim.”(HR. Muttafaq ‘alaih).

Demikianlah informasi yang bisa kami sampaikan, semoga kisah-kisah ini bisa menambah pengetahuan kita tentang islam. Untuk info selanjutnya yuk lansung aja pindah ke channel youtube “KanalPengetahuanIslam”

Baca Juga: awal mula terciptanya anjing

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here