Tips Cara Merawat Kuku Agar Terlihat Cantik Dan Bersih

Tips cara merawat kuku agar terlihat cantik dan bersih
gambar istimewa

Kuku merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan menjadi tempat berkembangnya kuman. Oleh karena itu, diperlukan perawatan kuku yang tepat agar kuku terlihat cantik dan bersih terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk merawat kuku cantik dan bersih:

1. Potonglah Kuku Secara Teratur

Memotong kuku secara teratur dapat membantu Anda terhindar dari risiko kuku patah, sehingga membuat kuku tetap kuat. Selain itu, memiliki kuku panjang juga berisiko menyebabkan gangguan kesehatan.Saat memotong kuku, usahakan untuk menggosok dengan lembut bagian tepi kuku agar tidak melukai kulit saat bersentuhan.

2. Pastikan Kuku Selalu Dalam Keadaan Bersih Dan Kering

Setelah mencuci tangan atau melakukan kegiatan yang menyebabkan tangan Anda basah, pastikan untuk selalu mengeringkan kuku dan membersihkan sela-sela kuku dengan sikat yang lembut. Hal ini dapat mencegah infeksi bakteri dan jamur pada kuku cantik Anda.Selain itu, Anda juga bisa menggunakan sarung tangan karet saat mencuci piring, untuk mencegah kuku terpapar bahan kimia keras dan berbahaya.

3. Oleskan Pelembap Pada Kutikula

Saat melakukan perawatan kuku, jangan lupa untuk merawat bagian kutikula dengan memberikannya pelembap. Namun, perlu Anda ingat bahwa jangan terlalu berlebihan dalam merawat kutikula.Hindari mendorong atau mengupas kutitula, karena bisa merusak dan membuat kuku terinfeksi bakteri atau jamur.

4. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Cat Kuku

Cat kuku memang dapat mempercantik kuku, tetapi penggunaannya perlu dibatasi. Penggunaan cat kuku secara terus-menerus, dapat membuat kuku menjadi rapuh. Berikan jeda waktu setidaknya seminggu sebelum Anda menggunakan kembali cat kuku.Hindari pula penggunaan pembersih cat kuku yang mengandung aseton, karena dapat membuat kuku, kutikula, dan kulit di sekitarnya kering.

5. Pilihlah Salon Kuku Yang Tepat

Bila Anda memutuskan untuk melakukan perawatan kuku di salon, pilihlah salon kuku yang berlisensi dan terjaga kebersihannya. Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan terjadinya infeksi bakteri atau jamur pada kuku bila manikur pedikur tidak dilakukan dengan tepat.

6. Konsumsi Suplemen Biotin

Jika Anda memiliki kuku yang lemah atau rapuh, disarankan untuk berkonsultasi ke dokter. Dokter biasanya akan memberikan suplemen biotin untuk memperkuat kuku. Biotin merupakan salah satu vitamin B yang mampu memperkuat rambut dan kuku, serta membantu fungsi sistem saraf tubuh.Tak hanya suplemen, biotin juga bisa ditemukan dalam ikan sarden, telur matang, dan kacang-kacangan.Selain beberapa cara di atas, perawatan kuku cantik juga bisa Anda lakukan dengan mengonsumsi air putih yang cukup, menggunakan alas kaki yang nyaman, dan menghentikan kebiasaan menggigit kuku.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!