32 C
Jakarta
Monday, August 15, 2022

Kehidupan Hewan Siput

Siput merupakan hewan bercangkang yang terkenal sebagai hewan yang sangat lambat dan lelet. Siput adalah nama umum yang diberikan untuk anggota kelas moluska Gastropoda. Dalam arti sempit, “siput” adalah gastropoda yang memiliki cangkang bergelung pada tahap dewasa. Kalian Tau gasi Fakta apa saja dibalik hewan Siput ini? Yuk kita cari tau fakta2 yang ada di hewan ini serta kehidupan hewan siput ini.

Kehidupan Hewan Siput
                                                      Foto Istimewa

1. Gak punya daya penglihatan apalagi pendengaran

Siput hampir sepenuhnya buta dan gak punya mekanisme pendengaran sama sekali. Dengan kekurangan ini, mereka punya kemampuan penciuman yang luar biasa. Mereka bahkan bisa mencium keberadaan makanan sejauh beberapa meter, yang untuk hewan ukuran mereka itu termasuk jarak yang jauh.

2. Siput juga punya kaki 

Mungkin siput memang terlihat hanya bergerak meluncur dengan satu kaki. Namun ternyata ada satu otot panjang utama di bagian terdepan yang mereka gunakan untuk menggenggam dan menarik badan mereka di atas permukaan tanah

3. Saling mendukung sesama siput lain untuk bergerak lebih cepat

Lendir yang ditinggalkan siput di tanah itu akan melicinkan tempat berjalan mereka dan membiarkan mereka meluncur dengan gesekan seminimal mungkin. Dengan fungsi tubuh ini pun, siput sering terlihat berjalan bersama dan membentuk jalur untuk saling mempercepat jalan siput lainnya melalui lendir yang mereka tinggalkan.

4. Hewan yang super selaw

Terlepas dari lendir yang membuat mereka bergerak lebih cepat, sudah bukan rahasia bahwa siput adalah salah satu hewan terlambat di dunia. Mereka biasanya bergerak dalam kecepatan yang stabil tapi bisa mencapai kecepatan sekitar 46 m/jam atau sekitar 1,3 cm/detik.

5. Siput bisa tidur selama tiga tahun

Untuk bertahan hidup, siput butuh kelembapan. Saat cuaca tak bersahabat, siput bisa tidur hingga tiga tahun lamanya.siput bisa melakukan hibernasi yang terjadi saat musim dingin, atau estivasi yang dikenal tidur musim panas untuk membantu melepaskan diri dari iklim hangat

Baca Juga :  Uniknya Bunga Wijaya Kusuma, Mekar Setahun Sekali di Malam Hari

6. Siput punya 4 hidung

Siput ternyata punya 4 hidung yang fungsinya berbeda dengan manusia yaitu untuk bernapas. Hidup siput, peka terhadap panas dan segala rangsangan.

 

artikel diatas merupakan fakta serta kehidupan hewan siput.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,460SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles