Peran Penting Sa’ad Bin Abi Waqqash

Sa’ad bin Abi Waqqash memiliki peran dan kontribusi yang besar dalam menyebarkan dakwah islam. Bersama rasulullah ia hampir mengikuti semua peperangan untuk menegakan islam.

ia juga orang pertama yang melepaskan anak panah dalam peperangan membela islam, begitupun menjadi orang pertama yang terkena anak panah.

Beliau memeluk islam ketika usianya baru tujuh belas tahun, dia termasuk golongan orang pertama yang masuk islam atau yang biasa disebut dengan assabiqunal awwalun.

Ia memiliki banyak keutaman dan keistimewaan yang diantaranya menjadi salah satu dari sepuluh orang yang dijamin rasulullah untuk masuk surga.

Orang yang doanya diterima dan menjadi pasukan berkuda dalam perang badar dan uhud, saad juga menjadi sebab turunnya asbabun nuzul “tiga wahyu Allah kepada rasulullah”.

Tertulis Dalam Al-Quran

  1. Al-Quran Surah Lukman ayat 15

Ayat ini turun setelah kejadian ibunda saad bin abi waqqash tidak mau makan karena tau anaknya memeluk agama islam.

2. Al-Quran Surah Al-An’am ayat 52

Menurutnya ayat tersebut berkaitan dengan enam orang sahabatnya, dan dirinya adalah sala satunya

3. Al-Quran Surah Al-Anfal ayat 1

Saad bin abi waqqash berhasil membunuh orang yang telah membunuh saudaranya ummair dalam perang badar, ia juga berhasil mengambil pedang orang tersebut sebagai gantinya.

Namun, Rasulullah memerintahkannya agar pedang tersebut disimpan ditempat rampasan perang. Hal ini justru membuat ia sedih dan tak berselang lama turunlah Al-Quran Surah Al Anfal ayat 1.

Termasuk Sahabat Rasulullah

Rasulullah kemudian memberikan pedang tersebut  pada saad, ia termasuk salah satu sahabat yang memiliki umur panjang karena ia wafat pada usia 83 tahun. Ia hidup diera rasulullah dengan khalifah abu bakar, ummar bin khatab, dan utsman bin affan .

Baca Juga :  Sejarah di Balik Dentang Lonceng Pesta Pernikahan. simbol kemakmuran !

Pada saat ke khalifahan Ummar bin Khatab, Sa’ad diangkat untuk memimpin pasukan umat islam melawan Persia dalam medan perang, pasukan umat islam dibawah komando Sa’ad bin Abi Waqqash berhasil mengalahkan pasukan kerajaan Persia. Kemengan ini sekaligus menjadi pintu masuk dalam mendakwahkan islam di bumi Persia.

Ada yang menyebut islam masuk ke china di bawa oleh sahabat rasulullah setelah hijrah yang pertama dan tidak kembali lagi ke Mekkah setelah peristiwa hijrah itu, kemudian setelah beberapa tahun setelahnya mereka berlayar dari abu symiah ke China untuk mendakwahkan islam.

Setelah beberapa saat ia di China, Sa’ad kembali ke arab dan sekitar 20  tahun setelahnya ia kembali ke china untuk meneruskan dakwahnya. Rombongan muslim itu diterima oleh kaisar Young Hui dari Dinasti Tang.

Kaisar China juga menunjukan toleransinya, dia memperbolehkan delegasi umat islam tersebut tidak melakukan tradisi penyembahan dihadapan kaisar. Sang kaisar paham bahwa umat islam tidak melakukan penyembahan terhadap manusia.

Tak hanya itu, sang kaisar  china juga mengizinkan deligasi yang dipimpin Sa’ad bin Abi Waqqash untuk mendirikan tempat ibadah. Maka dibangunlah sebuah masjid agung pada 742 masehi itu bernama Masjid Waisheng. Masjid yang dibangun diatas lahan seluas 5 hektar itu menjadi salah satu masjid tertua di china.

Itu dia beberapa penjelasan mengenai kisah hidupnya saad bin abi waqqash, nah untuk mengetahui info selanjutnya langsung saja pindah ke channel Youtube “KanalPediaIslam”

Baca Juga: hukum membunuh cicak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here