Manfaat Daun Jarak Untuk Atasi Sakit Gigi

Manfaat Daun Jarak Untuk Atasi Sakit Gigi
Foto Istimewa

Manfaat daun jarak untuk kesehatan cukup beragam. Daun jarak merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah sejak lama dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Daun jarak diketahui mengandung berbagai senyawa aktif seperti alkaloid, astragalin, fitonutrien, nicotiflorin, kaempferol, serta quercetin. Selain itu, daun jarak juga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan, di antaranya untuk mengatasi sakit gigi, mengatasi sembelit, mengatasi perut kembung, mengatasi sariawan, menstabilkan gula darah, mengobati reumatik, hingga menurunkan panas pada anak.

Untuk mengetahui lebih jelas tentang manfaat daun jarak untuk kesehatan, merdeka.com telah merangkum informasi dari berbagai sumber. Berikut ulasan lengkapnya.

Mengatasi Sakit Gigi

Manfaat daun jarak untuk kesehatan yang pertama yaitu mengatasi sakit gigi. Getah daun jarak pagar dan jarak wulung diketahui mampu membantu mengatasi sakit gigi. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengoleskan getah daun jarak pada bagian gigi yang dirasa sakit.

4. Mengatasi Sembelit

Sembelit merupakan kondisi di mana seseorang kesulitan untuk buang air besar (BAB). Daun jarak dipercaya mampu membantu mengatasi sulit buang air besar. Anda dapat menggunakan daun jarak yang masih segar. Kemudian, cuci bersih daun jarak tersebut dan kukus sampai matang. Setelah itu, segera santap daun jarak tersebut sebagai lalapan atau pendamping makan.

3. Mengatasi Perut Kembung

Manfaat daun jarak untuk kesehatan berikutnya yaitu dapat membantu mengatasi perut kembung. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda dapat mengoleskan atau menempelkan daun jarak ke bagian perut. Caranya, siapkan beberapa daun jarak yang masih utuh. Setelah itu, bersihkan daun jarak sampai tidak ada getah yang menempel. Kemudian berikan daun jarak dengan sedikit minyak kayu putih. Setelah itu, oleskan daun jarak pada perut dan bagian sekitar dada untuk memberikan rasa hangat. Anda dapat menggunakannya semalaman saat tidur.

2. Mengatasi Sariawan

Manfaat lain dari daun jarak untuk kesehatan yaitu dapat mengatasi sariawan. Hal ini karena adanya senyawa anti inflamasi pada getah daun jarak. Untuk mendapatkan manfaat ini, siapkan daun jarak lalu remas-remas bagian daun dan batang hingga getah muncul. Kemudian gunakan sedikit getah tersebut pada area yang terkena sariawan.

1. Menurunkan Panas pada Anak

Manfaat lain dari daun jarak yaitu membantu menurunkan panas pada anak. Caranya, siapkan dua sampai tiga helai daun jarak yang sudah dicuci bersih, lalu oleskan daun jarak pada minyak kayu putih.

Setelah itu, panaskan daun jarak tadi di atas api selama dua menit atau sampai panasnya merata di seluruh permukaan daun.

Kemudian setelah hangat, letakkan daun di bagian perut dan punggung bayi. Untuk menjaga agar daun jarak tak berubah posisi, Anda dapat memasangkan bedong agar tidak mudah lepas.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita manfaat Daun Jarak Untuk Atasi Sakit Gigi artikel lainnya disini.

    Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!