Manfaat Daun Sirih Untuk Obat Luka Bakar

Manfaat Daun Sirih Untuk Obat Luka Bakar
Foto Istimewa

 Daun sirih merupakan salah satu tanaman yang memiliki beragam manfaat kesehatan. Apa saja manfaat daun sirih yang perlu diketahui? Cara memanfaatkan daun sirih juga cukup mudah, cukup dengan merebus atau bahkan mengunyahnya. Maka, tidak heran jika khasiat daun sirih sebagai obat masih digunakan sampai sekarang. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat daun sirih untuk kesehatan tubuh. Daun sirih merupakan salah satu obat alami untuk mencegah risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Kandungan antioksidan pada daun sirih akan mengurangi stres oksidatif yang memicu kerusakan sel-sel penyebab terjadinya ketidakseimbangan hormon insulin.

Cara mendapatkan pengobatan daun sirih untuk diabetes tipe 2 adalah meminum rebusan airnya atau menggerus daun sirih yang sudah dikeringkan hingga berbentuk bubuk.

Menurunkan kolesterol tinggi Kolesterol tinggi merupakan salah satu pemicu beragam penyakit serius, seperti hipertensi, stroke, hingga gagal ginjal. Sebagai salah satu cara mencegah hal tersebut, kamu dapat mengonsumsi daun sirih yang mampu menurunkan kadar trigliserida, lemak jahat dalam tubuh, dan lemak total dalam darah.

Caranya, rebus 4 lembar daun sirih merah dan gunakan hasil rebusan tersebut untuk diminum dua kali sehari.

Meringankan batuk

Rasa sesak di dada akibat batuk bisa diringankan dengan mengoleskan rebusan daun sirih. Tidak hanya itu, air rebusan daun sirih juga dapat mengobati batuk berdahak dengan mencampurkannya dengan madu. Jika kamu tidak terlalu menyukai rasa daun sirih, gunakan cara lain, yakni merebus empat irisan daun sirih dengan tiga lembar daun widoro.

Mempercepat penyembuhan luka bakar

Masih dengan kandungan antioksidan, manfaat daun sirih lainnya adalah mempercepat penyembuhan luka bakar. Stres oksidatif yang menyebabkan penyembuhan luka memakan waktu lebih lama dapat diredakan dengan daun sirih. Tidak hanya itu, daun sirih juga mengandung polifenol yang memberikan perlindungan infeksi.

Meredakan keputihan

Keputihan membuat area kewanitaan terasa tidak nyaman. Dengan kandungan antiseptik pada daun sirih, kamu dapat meredakan rasa gatal pada area luar daerah kewanitaan. Tetapi jika kasus keputihan sudah cukup parah dengan disertai bau menyengat, penggunaan air rebusan daun sirih harus disertai pengobatan tersendiri.

Meningkatkan kesehatan mulut dan gigi

Bakteri cukup rentan berkembang biak di dalam mulut akibat sisa-sisa makanan yang menempel di lidah dan gigi. Untuk mengurangi risiko ini, kamu dapat mengunyah atau berkumur dengan rebusan air daun sirih. Selain itu, rebusan daun sirih bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang. Air liur yang dihasilkan dari proses mengunyah daun sirih juga mengandung beragam protein untuk meningkatkan kekuatan gigi.

Meringankan infeksi pencernaan

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa daun sirih mampu menghambatan pembentukan luka pada lambung dengan mengurangi volume sekresi. Cara penggunaannya, cukup tumbuk dua lembar daun sirih, enam biji lada, 1/2sendok makan minyak kelapa, lalu gosokkan pada bagian perut. Daun sirih memiliki kandungan polifenol serta fitokimia yang dipercaya punya sifat antioksidan serta anti-ulserogenik. Oleh karenanya, salah satu manfaat daun sirih adalah mampu melindungi lapisan usus terkena iritasi dan racun.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita manfaat Daun Manfaat Daun Sirih Untuk Obat Luka Bakar Asma artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!