Manfaat Daun Ungu Atasi Rematik

Manfaat Daun Ungu Atasi Rematik
Foto Istimewa

Tanaman daun ungu merupakan tanaman yang berasal dari Irian dan Polynesia. Tanaman ini dapat ditemukan di dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.250 m dpl. Ada tiga varietas, yaitu berdaun ungu, berdaun hijau dan belang-belang putih. Sementara varietas tanaman yang digunakan sebagai obat adalah varietas berdaun ungu yang dinamakan Graptophyllum pictum (L.) Griff. var luridosanguineum Sims. Manokwari, Papua Barat, masyarakat mengenal daun ungu untuk mengatasi wasir dengan cara ditumbuk dan diminum air rebusannya. Di dalam daun ungu terdapat kandungan bahan aktif senyawa flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid yang akan membantu untuk meredakan gejala wasir. Selain itu manfaat ekstrak daun ungu juga memiliki kemampuan untuk menghambat bakteri E.coli dan S.aureus. Bakteri Staphyloccoccus aureus yang merupakan bakteri yang bertanggung jawab atas 80% penyakit yang menyebabkan infeksi di permukaan kulit sebagai habitat alaminya.

Berikut selengkapnya merdeka.com merangkum manfaat daun ungu bagi kesehatan yang perlu diketahui:

Bantu ATasu Wasir dan Bisul

1. Mengatasi Wasir (Ambeien)

Manfaat daun ungu yang pertama dan paling terkenal yaitu bantu atasi wasir. Bahan aktif yang terkandung dalam daun ungu bisa membantu untuk meredakan gejala wasir di antaranya yaitu flavonoid, steroid, saponin, tanin, dan alkaloid. Antiinflamasi dan analgesik menurunkan rasa nyeri di tubuh Anda. Kandungan senyawa di dalam daun ungu relatif memiliki risiko efek samping negatif. Oleh karena itu, dianjurkan menggunakan resep dokter atau berkonsultasi sebelum mengonsumsinya. Efek samping yang bersifat ringan seperti demam, gatal, anemia, nafsu makan menurun, sulit tidur.

2. Mengobati Bisul

Manfaat daun ungu berikutnya bisa mengobati bisul yang timbul di tubuh Anda. Perawatan bisul bisa dilakukan dengan mencampur daun ungu dan santan kelapa. Bisul sangat menyiksa jika tidak ditangani. Cara menanganinya dengan menumbuk daun ungu dan oleskan daun pada bagian kulit yang terdapat bisul.

Baca Juga :  7 Manfaat Bawang Putih Untuk Kecantikan dan Efek Sampingnya

Atasi Rematik dan Pembengkakan

3. Mengatasi Rematik

Manfaat daun ungu selanjutnya yaitu bantu atasi rematik. Rematik adalah penyakit yang menimbulkan rasa sakit akibat otot atau persendian yang mengalami peradangan dan pembengkakan. Peradangan kronik dan rasa nyeri yang hebat pada sendi-sendi akibat diserang oleh sistem imun pengidap rheumatoid. Daun ungu dipercaya bisa mengatasi penyakit rematik. Tumbuk daun ungu, oleskan pada sendi yang terasa sakit.

4. Mengobati Pembengkakan

Manfaat daun ungu berikutnya yaitu mengobati pembengkakan. Edema atau pembengkakan terjadi karena tubuh terlalu banyak menyimpan cairan. Pembengkakan sering terjadi pada bagian kaki, tangan, dan wajah.   Pembengkakan terjadi karena Anda terlalu lama pada posisi duduk atau berdiri terlalu lama. Daun ungu memiliki khasiat mengobati pembengkakan. Selain pembengkakan, benturan keras seperti memar juga bisa diatasi dengan daun ungu.

Atasi Diabetes hingga Sebagai Antiinflamasi

5. Melancarkan Pencernaan dan Mengatasi Diabetes

Menurut penelitian Institut Pertanian Bogor, daun ungu dapat digunakan sebagai obat diabetes. Daun ungu membantu memecah rantai polisakarida dan enzim amilase. Senyawa tersebut membuat proses pencernaan pati di dalam usus melambat. Glukosa dari makanan ke dalam sirkulasi darah juga lambat. Oleh itu, menjadi lebih efektif karena terhambatnya kerja enzim akibat gangguan respons sensitivitas insulin. Maka konversi karbohidrat menjadi glukosa dapat ditekan.

6. Mengatasi Sembelit dan Mengatasi Demam

Daun ungu yang direbus dan diminum air rebusannya adalah salah satu cara untuk mengatasi sembelit pada masalah kesehatan Anda. Daun ungu memiliki sifat diuretik dan laksatif. Sifat laksatif yang dimiliki oleh daun ungu berguna membuat usus Anda berkontraksi sehingga kotoran-kotoran dengan mudah bergerak di usus.

7. Sebagai Antiinflamasi

Manafaat daun ungu yang terakhir yaitu sebagai antiinflamasi. Inflamasi atau peradangan adalah bagian dari sistem imun tubuh. Peradangan jika tidak ditangani dalam waktu cepat akan merusak tubuh. Peradangan bisa menjadi kronis (menetap lama) dan imun dalam tubuh Anda dapat menyerang jaringan yang sehat. Daun ungu memiliki sifat antinflamasi. Antiinflamasi yang dimiliki daun ungu dapat menghilangkan radang pada organ tubuh Anda.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita manfaat Daun Ungu Atasi Rematik artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Obat Herbal Awet Muda Beragam Manfaat Daun Pegagan untuk kecantikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here