26.2 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Fakta Mengenai Cacing

Apa yang kamu ketahui tentang cacing? Kebanyakan orang menganggap bahwa cacing hanya sekadar hewan yang hidup di tanah, bahkan terkesan aneh karena bentuknya yang memanjang dan teksturnya yang sangat lembek.
Namun fakta mengenai cacing lebih daripada itu, hewan ini bisa dikatakan sebagai hewan istimewa karena punya banyak hal yang menakjubkan.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang cacing,

Cacing sangat sensitif terhadap cahaya

Kita semua tahu bahwa cacing hidup di dalam tanah, selalu berada dalam kegelapan dan cenderung jarang keluar dari tempat asalnya karena faktanya cacing sangat sensitif terhadap cahaya.
cacing akan mengalami kelumpuhan jika dia terkena cahaya kurang lebih satu jam. Makanya hewan ini punya pendeteksi cahaya melalui kulitnya, tentu agar dia bisa menjauh dari sumber cahaya sehingga kulit mereka tetap lembab.

Cacing Berdarah Dingin dan Memiliki 5 Hati

Karena cacing berdarah dingin, mereka tidak dapat mengatur suhu mereka seperti mamalia. Ini berarti suhu tubuh mereka akan sama dengan lingkungan mereka.
Cacing tidak memiliki jantung multi-bilik seperti mamalia dan reptil. Sebagai gantinya mereka memiliki 5 lengkung aorta bilik tunggal (fungsinya mirip dengan jantung) yang memompa darah ke seluruh tubuh mereka.

Cacing Hewan yang Banyak Makan

Cacing adalah pengolah makanan yang sangat cepat. Mereka dapat mencerna sekitar setengah dari berat badan mereka setiap harinya. Sistem pencernaan cacing berupa tabung yang mampu berjalan langsung dari depan ke bagian mulut dan terus ke belakang.

Bayi Cacing Bisa Hidup Mandiri

Biasanya bayi hewan yang baru lahir membutuhkan perawatan dan perlindungan dari induknya. Namun, berbeda dengan bayi cacing tanah. Setelah telur menetas, bayi hewan ini dapat langsung mandiri, lo. Mereka bisa hidup bebas tanpa dibantu oleh induknya

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles