Tips Cara Mencegah Batu Ginjal

Tips Cara Mencegah Batu Ginjal
gambar istimewa

Batu ginjal adalah salah satu penyakit yang dapat membuat penderitanya merasakan nyeri hebat., penyakit ini dipicu penumpukan mineral tertentu yang berlebih di dalam tubuh. Selain itu, penyebab batu ginjal lain yakni masalah genetika atau faktor keturunan yang membuat seseorang kekurangan sitrat dan kalsium. Kondisi lain yang memantik penyakit batu ginjal adalah obesitas, hipertiroid, sampai penyakit ginjal. Selain faktor keturunan, penyakit batu ginjal umumnya bisa dihindari dengan pola makan seimbang dan gaya hidup sehat.

 

1.Minum yang cukup

Jika Anda selama ini termasuk orang yang malas minum, coba ubah kebiasaan tak sehat ini. Kebiasaan malas minum dapat membuat urine yang keluar sedikit. Begitu urine yang keluar sedikit, praktis kencing jadi lebih pekat dan susah untuk melarutkan mineral yang menumpuk di urine. Minum air putih setidaknya delapan gelas per hari agar intensitas berkemih juga normal. Selain itu, konsumsi makanan penghancur batu ginjal alami seperti lemon dan jeruk. Keduanya mengandung sitrat yang bisa mencegah pembentukan batu ginjal

2.konsumsi makanan kalsium

Jenis batu ginjal yang paling umum adalah batu kalsium oksalat. Sehingga, muncul mitos kalsium dapat menyebabkan penyakit batu ginjal. Hal itu keliru. Sebaliknya, kekurangan kalsium justru meningkatkan risiko penyakit batu ginjal dan osteoporosis. Namun, konsumsi kalsium secara alami lewat makanan dan berjemur lebih aman ketimbang minum suplemen. Tingkatkan konsumsi makanan kaya kalsium seperti susu rendah lemak, keju rendah lemak, dan yoghurt rendah lemak untuk mencegah batu ginjal.

 

3.Batasi asupan garam dan natrium

Kebiasaan mengonsumsi garam dan natrium berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Tingginya kandungan garam dan natrium dalam urine membuat penyerapan kalsium dari urine ke darah tidak optimal. Saat kalsium tidak terserap ke tubuh, mineral ini bisa menumpuk di urine dan menyebabkan batu ginjal. Untuk itu, hindari konsumsi garam dan natrium berlebihan. Baca dengan seksama label makanan yang tinggi natrium seperti makanan olahan, keripik, kerupuk, makanan kalengan, bumbu instan. Batasi konsumsi garam 2.000 miligram natrium atau setara 1 sendok teh atau 5 gram per hari.

Baca Juga :  Beberapa Tips Biar Makeup Kamu Terlihat Flawless

4. Batasi asupan tinggi oksalat

Beberapa jenis batu ginjal disebabkan penumpukan oksalat dalam tubuh. Mengurangi makanan oksalat dapat mencegah batu ginjal. Makanan tinggi oksalat di antaranya bayam, cokelat, ubi jalar, kopi, bit, kacang-kacangan, dan kedelai.

  5.Kurangi protein hewani

Asupan protein hewani seperti daging sapi dan unggas umumnya dapat meningkatkan kandungan asam dalam urine. Tingginya kadar asam dalam urine dapat menyebabkan asam urat dan batu ginjal.

 

6. Bijak konsumsi suplemen vitamin C

Studi pada 2013 menunjukkan, kebiasaan mengonsumsi suplemen vitamin C dosis tinggi punya efek samping batu ginjal. Menurut ahli, konsumsi vitamin C dari makanan atau secara alami tidak memengaruhi pembentukan batu ginjal. Untuk itu, hati-hati saat mengonsumsi suplemen vitamin C, terutama para pria. Pastikan konsumsi suplemen apa pun atas rekomendasi dokter.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here