Tips Cara Menggemukan Badan

Tips Cara Menggemukan Badan
gambar istimewa

Ini sebabnya di saat hampir semua orang terobsesi untuk memiliki tubuh kurus, Anda justru sedang berjuang mati-matian demi menggemukkan badan.Tapi layaknya perjuangan meraih tubuh kurus,  menggemukkan badan bisa menjadi sebuah tantangan besar. Anda bisa saja menambah beberapa kilo dengan melahap berpiring-piring nasi padang atau makan sepuasnya sampai perut kenyang di restoran all you can eat, tapi ini bukan cara menggemukkan badan yang sehat.

1.Variasikan isi piring makan Anda

Setiap kali makan, upayakan ada setidaknya 3 kelompok makanan berbeda dalam piring makan Anda. Daripada ngemil hanya pisang dan susu, lebih baik buat beberapa buah roti lapis yang Anda isi dengan olesan selai kacang dan irisan pisang, serta ditemani dengan segelas susu (whole milk atau susu nabati, jika Anda vegetarian). Semakin bervariasi isi piring makan Anda, semakin bervariasi pula asupan kalori dan nutrisi yang tubuh Anda perlukan.

2.Pilih makanan yang tinggi kalori

Ahli gizi terdaftar asal Seattle, Kim Larson, menyarankan Anda untuk mulai meninggalkan berbagai jenis makanan yang berlabel “bebas lemak”, “rendah kalori”, “atau “diet”. Makan makanan yang berkalori dan berlemak tinggi. Namun jangan sembarangan. Produk lemak hewani memberikan asupan nutrisi dan lemak tinggi, tapi juga mengandung lemak jenuh yang dapat meningkatkan kolesterol jahat.Pilihlah sumber lemak nabati dari kacang dan biji-bijian, keju, alpukat, jagung, oatmeal, kentang, sup krim, dan minyak alami seperti minyak zaitun untuk mendapatkan asupan lemak sehat sarat nutrisi dan kalori. Masukkan juga telur dan ikan berlemak seperti salmon, tuna, atau sarden sebagai pengganti daging merah. Ikan berlemak lebih tinggi kalorinya dan mengandung asam lemak omega-3 yang menyehatkan.

3 Tips Cara Menggemukan Badan
gambar istimewa

3.Minum jus atau smoothie mengenyangkan

 

Tinggalkan soda, kopi, dan teh yang hampir nol nilai gizi dan kalorinya. Sebaliknya, jika Anda sedang malas makan, minum smoothie atau jus buah tinggi kalori. Racik smoothie pengganti makan Anda dengan susu full cream (atau pengganti susu, seperti susu kedelai atau susu kacang lainnya) dan variasi buah segar favorit Anda. Untuk tambahan kalori, Anda bisa mencampur chia seed, almond butter atau selai kacang, atau protein powder ke dalam smoothie Anda.Rasa kenyang dari “makan” cairan tidak sama dengan kenyang makanan berat yang bikin perut mulas, jadi Anda tetap bisa menambahkan asupan nutrisi dan kalori sesering yang Anda inginkan tanpa harus takut kekenyangan sampai terasa begah.

2 Tips Cara Menggemukan Badan
gambar istimewa

4.Makan sebelum tidur

 

Saat tidur, tubuh bekerja untuk menyembuhkan dan meregenerasi sel dan jaringan yang rusak. Untuk mendukung fungsi tubuh yang satu ini, sah-sah saja untuk makan sebelum tidur demi menjamin pasokan energi tetap tersedia bagi tubuh yang sedang sibuk bekerja. Makan sebelum tidur kadang bisa bikin perut terasa mulas di tengah malam.Jadi daripada mengudap nasi gorek tek-tek, sebaiknya pilih camilan yang sehat. Misalnya, semangkuk salad yang dicampur pasta gandum dan minyak zaitun serta irisan dada ayam dan parutan keju.

5.Rutin olahraga

Olahraga, terutama latihan kekuatan, bisa membantu Anda menggemukkan badan dengan membangun dan menguatkan otot-otot tubuh. Olahraga juga merangsang nafsu makan Anda.Bahkan untuk orang yang sangat kurus sekalipun, tetap penting untuk berhati-hati agar tidak berlebihan mengonsumsi gula dan lemak saat sedang menggemukkan badan. Sesekali makan kue cokelat atau eskrim tidak masalah, tapi kebanyakan camilan yang Anda lahap tetap harus yang sehat dan mampu memberikan tambahan nutrisi selain hanya kalori.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!