Cara Menghilangkan Jerawat secara Alami

"<yoastmark

Memiliki masalah pada wajah seperti jerawat dapat mengganggu penampilan Anda sehari-hari.

Masalah jerawat bisa sangat menjengkelkan dan membuat Anda tidak nyaman. Jerawat merupakan problem yang dipengaruhi kelenjar minyak pada kulit wajah.

Dilansir dari laman National Institute of Arthritis and Musculoskeletal and Skin Diseases, jerawat adalah masalah kulit yang muncul akibat penyumbatan pada folikel rambut oleh sel kulit mati atau sebum secara berlebih.

Umumnya jerawat yang muncul menyebabkan peradangan pada kulit, bintik gelap, dan terkadang menyebabkan rasa panas atau nyeri ketika disentuh.

Sebenarnya, Cara Menghilangkan nya bisa dilakukan secara alami ketimbang melakukan perawatan dengan berbagai teknologi canggih yang mungkin terlalu mahal.

1. Mencuci muka dengan teratur

Cara menghilangkan jerawat secara alami yang pertama, dengan mencuci muka setiap hari secara teratur. Rajin mencuci muka minimal dua kali sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan busa.

2. Hindari menyentuh jerawat

Banyak orang yang malah menyentuh jerawat. Padahal, menyentuh jerawat bisa mengiritasi kulit, memperburuk jerawat, dan dapat menyebarkan jerawat ke area lain.Hindari menyentuh, menggosok, atau memencet jerawat. Memencet jerawat dapat mendorong bakteri dan kotoran masuk lebih jauh ke dalam kulit sehingga jerawat bisa bertambah parah.

3. Cukupi asupan air tiap hari

Tetap terhidrasi sangat penting untuk mempercepat penyembuhan luka jerawat dan mengurangi risiko menyebarnya jerawat. Kulit yang kering dapat dengan mudah teriritasi. Minum cukup air bisa membuat sel kulit baru berkembang dan luka bekas jerawat bisa cepat sembuh.

4. Hindari stres

Stres dapat menyebabkan kadar hormon androgen meningkat. Androgen menstimulasi folikel rambut dan kelenjar minyak di pori-pori sehingga meningkatkan risiko timbulnya jerawat. Tingkat stres yang tinggi bisa meningkatkan keparahan jerawat.

Baca Juga :  5 Gaya Hidup Ini yang Bikin Orang Macao Berumur Panjang

5. Kurangi mengonsumsi gula

Mengurangi konsumsi gula dan makanan dengan indeks glikemik tinggi sangat penting sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Kondisi ini diperkirakan meningkatkan produksi insulin dan sebum yang menyebabkan jerawat.Makanan dengan indeks glikemik tinggi termasuk roti putih, minuman bersoda, makanan manis, donat, kue kering, permen, sereal sarapan manis dan makanan olahan lainnya.

6. Masker lidah buaya

Lidah buaya bisa digunakan sebagai satu di antara cara menghilangkan jerawat secara alami. Lidah buaya memiliki kandungan polifenol yang bersifat antibakteri serta mengandung zat aloesin yang berfungsi menghambat pembentukan melanin penyebab kulit menjadi gelap.Cara menggunakannya mudah, ambil lidah buaya dan potong menjadi beberapa bagian. Kemudian, kupas kulitnya dan ambil gel lidah buaya, haluskan terlebih dahulu.Lalu oleskan pada wajah dan diamkan selama 10-15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air hangat.

7. Es batu

Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah. Lancarnya peredaran darah dapat membantu dan menghilangkan  membandel.Es batu mampu membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit.  ini akan mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

8. Lemon

Lemon mengandung asam alfahidroksi  yang sangat berguna sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami. Kandungan ini sangat baik untuk mempercepat penyembuhan dan revitalisasi kulit.Cara menggunakannya, bersihkan lemon, lalu belah menjadi dua bagian. Setelah itu, peras dalam wadah yang bersih. Kemudian, aplikasikan pada wajah yang terdapat secara perlahan. Tambahkan madu atau air hangat jika Anda merasa terlalu perih.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here