Manfaat Kacang Panjang Untuk Tingkatkan Stamina

Manfaat Kacang Panjang Untuk Tingkatkan Stamina
Foto Istimewa

Kacang panjang merupakan tanaman sayur yang cukup populer di dunia kuliner Asia Tenggara dan Asia Timur. Tanaman ini biasanya dimasak sebagai sayur atau dimakan mentah sebagai lalapan. Kacang panjang tumbuh dengan cara merambat atau melilit. Kacang panjang juga mudah didapati di negara dengan cuaca tropis di Asia. Daunnya disebut dengan lembayung dan dapat diolah menjadi sayur. Sayuran merambat ini bisa ditanam langsung dengan memasukan 2-3 biji ke dalam lubang kedalam 1– 2 cm, kemudian ditimbun tanah. Tanaman ini baru akan berbunga pada umur 30 hari dan mulai panen umur 45 hari. Waktu penanaman yang cukup pendek ini membuat kacang panjang menjadi salah satu sayuran yang tidak mengenal musim, seperti juga kebanyakan tanaman palawija lainnya.

Sayuran satu ini bukan hanya kaya kandungan protein, karbohidrat, kalium, fosfor, tetapi juga zat gizi lainnya. Dari kandungan nutrisinya, diketahui bahwa kacang panjang memiliki sejumlah antioksidan yang penting untuk tubuh, seperti vitamin C, riboflavin, dan betakaroten. Kandungan vitamin C pada kacang panjang cukup untuk memenuhi 31% kebutuhan harian Anda, yaitu sekitar 19 mg.Asupan vitamin C yang terpenuhi akan membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh untuk melawan infeksi. Penting diketahui, bahwa kacang panjang segar merupakan salah satu sumber folat terbaik. Dalam setiap 100 gr kacang panjang mengandung 62 mg atau 15% dari total kebutuhan folat harian. Zat yang bekerja bersama vitamin B12 ini adalah salah satu komponen penting dari sintesis DNA dan pembelahan sel. Kandungan nutrisi yang melimpah membuat manfaat dalam kacang panjang baik untuk tubuh di jangka panjang, salah satunya meringankan nyeri haid. Berikut ini merupakan berbagai khasiat kacang panjang untuk kesehatan tubuh:

10. 1. Meningkatkan Stamina dan Kesuburan

Ketika seseorang melakukan aktivitas fisik yang berat seperti olahraga, tubuh akan membutuhkan asupan oksigen lebih banyak. Kacang panjang yang kaya akan zat besi dapat memicu pembentukan sel darah merah sebagai pembawa oksigen dan menjadikan tubuh lebih sehat dan bugar. Selain itu, kacang panjang juga dapat meningkatkan kesuburan wanita. Zat besi diketahui mampu mencegah gangguan ovulasi pada wanita. Gangguan ovulasi sendiri dapat berisiko menghambat pembuahan dalam tubuh wanita. Wanita dewasa setidaknya mendapatkan asupan zat besi sebanyak 18 mg per hari, menurut data dari National Institutes of Health.

Baca Juga :  Khasiat Kayu Manis Untuk Kecantikan Kulit Wajah

9. 2. Mengatasi Depresi

Memenuhi kebutuhan asam folat harian dapat membantu mengatasi depresi, sekaligus mencegah kelebihan homosistein dalam tubuh. Terlalu banyak homosistein ​​​​dapat menghentikan darah serta nutrisi lainnya untuk mencapai otak. Alhasil, itu bisa mengganggu produksi hormon serotonin, dopamin, dan norepinefrin yang mengatur suasana hati, tidur, dan nafsu makan.

8. 3. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Mengonsumsi vitamin K secara berkala dapat meningkatkan kesehatan tulang, tujuannya agar penyerapan kalsium dapat meningkat serta mengurangi ekskresi kalsium melalui urin. Sayur hijau yang masuk dalam golongan kacang-kacangan ini bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan 4% AKG akan kalsium. Apalagi, mengonsumsi kacang panjang secara langsung dan bukan dari suplemen menjadi cara terbaik untuk menerima nutrisinya.

7. 4. Meringankan Nyeri Haid

Sayuran ini dapat meredakan nyeri serta kram selama haid. Manfaat kacang panjang berasal dari kandungan mineral mangan yang berperan dalam siklus reproduksi wanita. Selain itu, mood atau suasana hati juga dapat meningkat lebih baik selama menstruasi. 5. Menyehatkan Kulit Kandungan vitamin C di dalam kacang panjang dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam, seperti mencerahkan wajah, serta memperlambat penuaan. Selain itu, vitamin C dalam kacang panjang juga berperan untuk mencegah masalah kulit dan mencegah kanker kulit.

6. 5. Menyehatkan Kulit

Kandungan vitamin C di dalam kacang panjang dapat menjaga kesehatan kulit dari dalam, seperti mencerahkan wajah, serta memperlambat penuaan. Selain itu, vitamin C dalam kacang panjang juga berperan untuk mencegah masalah kulit dan mencegah kanker kulit.

4. 7. Menjaga Imun Tubuh

Kandungan vitamin B5 yang terdapat dalam sayuran kacang-kacangan seperti kacang panjang ini mampu menjaga imun tubuh agar terhindar dari bakteri penyakit. Menjaga kekebalan tubuh dapat menghindarkan Anda tertular virus dan berbagai penyakit lainnya.

3. 8. Mencegah Risiko Penyakit Stroke

Stroke dapat terjadi bila supply darah ke otak tidak lancar atau terhambat. Kondisi tersebut terjadi karena pasokan oksigen terhenti, sehingga sel otak bisa berhenti berfungsi. Salah satu nutrisi yang dibutuhkan dari otak adalah vitamin B6, yang bisa ditemukan dalam kacang panjang. Anda bisa mengonsumsinya secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang.

2. 9. Mencegah Anemia

Anemia dapat terjadi bila seseorang kekurangan hemoglobin atau sel darah merah. efek samping yang dirasakan dapat berupa nyeri, pusing dan lemas berkepanjangan. Salah satu penyebabnya adalah kekuarangan zat besi. Untuk mencegah anemia, Anda bisa mengonsumsi sayuran kaya zat besi seperti kacang panjang. Tujuannya untuk membantu pembentukan sel darah merah dalam tubuh.

1. 10. Mencegah Terkena Osteoporosis

Osteoporosis terjadi akibat pengeroposan tulang. Tidak hanya pada orang tua, usia produktif pun berpotensi mengalaminya. Adapun penyebab utama osteoporosis adalah kurangnya kalsium serta magnesium dalam tubuh. Magnesium dibutuhkan tubuh untuk mengubah vitamin D menjadi zat aktif. Manfaat kacang panjang salah satunya memberikan nutrisi, sehingga penyerapan kalsium dapat berjalan efektif dan mencegah osteoporosis jangka panjang.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here