Keistimewaan Rasulullah

Nabi Muhammad Saw penutup para rasul. Putra Abdullah bin Abdul Muthalib itu dianugerahi beragam keistimewaan untuk melancarkan jalan dakwah demi menggenapi ajaran tauhid para pendahulunya.

Rasulullah Saw juga memiliki sifat jaiz untuk menunjukkan ciri kepribadiannya selayak manusia keumuman. bahkan ia pun pernah dan bisa merasakan kesedihan, kegembiraan, rasa sakit, terluka, lapar, haus, kantuk, dan lain sebagainya.

Termasuk sifat basyariyah Nabi Muhammad adalah menggemari warna tertentu. Berikut adalah beberapa warna kesukaan Rasulullah:

1. Putih yang Terbaik

Imam Al-Asqalani dalam Bulughul Maram menjelaskan bahwa putih adalah warna favorit Nabi Muhammad Saw. Bahkan, mengutip hadis yang diceritakan Ibnu Abbas, Rasulullah merekomendasikan penggunaan putih sebagai warna pakaian.

Rasulullah bersabda, “Kenakanlah pakaian berwarna putih. Sesungguhnya putih itu warna terbaik bagimu. Bungkuslah mayatmu juga dengan kain berwarna putih.”

Hadis dengan redaksi serupa juga diriwayatkan Tirmidzi dan Ibnu Majah dari Samurah bin Jundub. Dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, “Kenakanlah pakaian putih karena pakaian itu lebih bersih dan paling baik. Kafanilah orang yang mati di antara kalian dengan kain putih.”

Imam Nawawi dalam Riyadhus Shalihin menjelaskan, memakai pakaian berwarna putih disunahkan karena Rasulullah telah menilainya sebagai warna paling bersih dan bercahaya.

2. Hijau adalah pakaian surga

Selain putih, Rasulullah Saw juga menyukai warna hijau.
karena, “Pada hari raya kami disuruh memakai pakaian berwarna hijau karena warna hijau lebih utama. Warna hijau adalah afdal dari pada warna lainnya sesudah putih.”

Di dalam Faidhul Qadir, Al-Munawi menyebutkan bahwa alasan disukainya warna hijau karena rona tersebut merupakan bagian dari penanda surga.

“Hijau adalah yang paling Rasulullah sukai karena warna tersebut merupakan sebagian dari pakaian surga,” tulis Al-Munawi.

Baca Juga :  Melihat Islam Di Mongolia!! Meriahnya Festival Nauryz Muslim

bahkan di antara sarung, selendang, gamis, jubah, atau lainnya yang dimiliki, Rasulullah begitu menggemari yang berwarna hijau. Meskipun, pakaian dengan warna putih tetap menjadi busana yang paling banyak dipunyai Nabi.

demikianlah penjelasan mengenai warna kesukaan rasulullah. namun ada juga warna yang rasul tak sukai, nah ingin tahu info selanjutnya? yuk langsung simak videonya di channel youtubenya “KanalPengetahuanIslam”

Baca Juga: mengapa makam para nabi panjang?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here