Bentuk Makam Nabi Muhammad SAW

Ada sejumlah makam di berbagai wilayah di dunia yang diyakini merupakan makam para nabi. Dari foto-foto yang beredar, ukurannya itu tampak lebih panjang dibanding ukuran makam normal saat ini.

Kendati demikian, tidak diketahui secara pasti kebenaran akan makam-makam tersebut. Hanya makam Nabi Muhammad SAW dan Nabi Ibrahim AS yang diketahui pasti letaknya.
Nabi Muhammad SAW dimakamkan di rumahnya di Madinah, yang kini berada di dalam lingkup Masjid Nabawi. Sementara itu, Nabi Ibrahim dimakamkan di Goa Alkalil Palestina.

Bentuk Makam Nabi Adam AS

Ada salah satu makam yang diyakini merupakan makam Nabi Adam AS. Bentuk makam yang diyakini makam Nabi Adam itu berukuran sangat panjang. Hal ini tampaknya sesuai dengan apa yang disampaikan Nabi Muhammad SAW tentang postur Nabi Adam, manusia pertama yang diciptakan Allah dan turun ke muka bumi.

disebutkan bahwa Nabi Adam memiliki ukuran tinggi badan berkali lipat dari manusia di masa kini. Hal demikian sebagaimana dikatakan oleh Nabi Muhammad SAW.

Abu Hurairah RA menuturkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, “Allah menciptakan Adam dalam bentuknya setinggi 60 hasta. Setelah menciptakannya, Allah berfirman: ‘Pergilah dan ucapkanlah salam kepada sekelompok itu, yaitu beberapa malaikat yang sedang duduk, dan dengarkanlah apakah jawaban mereka karena itulah ucapan selamat untukmu dan keturunanmu.

‘ Maka, Adam pergi menghampiri lalu mengucapkan, ‘Semoga keselamatan menyertai kalian.’ Mereka menjawab, ‘Semoga keselamatan dan rahmat Allah menyertai kalian.’ Mereka menambahkan ‘rahmat Allah,’ maka setiap orang yang memasuki surga itu seperti bentuk Adam yang tingginya 60 hasta. Seluruh makhluk setelah Adam terus berkurang tingginya sampai sekarang.

Hadits yang sama yang diriwayatkan Bukhari juga mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Allah menciptakan Adam dengan tinggi 60 hasta.”

Hasta merupakan ukuran yang biasa digunakan oleh orang Arab. Satu hasta sama dengan 45,72 cm. Dengan demikian, 60 hasta sama dengan 27,432 meter atau 90 kaki.

Lalu, di mana Nabi Adam dimakamkan? Menurut Ibnu Asakir dari berbagai sumber disebutkan bahwa Nabi Adam dimakamkan di al-Quds. Sementara itu, pendapat lainnya menyebut Nabi Adam dimakamkan di India.

demikianlah gambaran mengenai makam para nabi yang belum banyak orang ketahui. nah, untuk mengetahui info menarik lainnya? yuk langsung simak aja videonya di channel youtubenya “KanalPengetahuanIslam”

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!