Berkembang Secara Pesat Sebelum Dikikis Khmer Merah

Di Asia Tenggara beberapa negara seperti Indonesia mayoritas penduduknya beragama Islam. Namun beberapa negara di Asia Tenggara, umat muslim merupakan minoritas salah satunya adalah Kamboja. Islam masuk sekitar abad ke 10 dan ke 11, saat Kamboja masih mempunyai beragam kerjaan. Yang paling dikenal adalah kerjaan Champa, sebagian besar Etnis Cham memeluk islam pada abad ke 16 dan 17 menjelang jatuhnya kerajaan Champa banyak dari mereka yang berpindah ke daerah lain atau ke Malaysia, Indonesia, dan China tapi sampai saat ini komunitas Cham masih ada di Kamboja dan mereka sebagian besar adalah muslim.

Komunitas Cham memegang peran penting dalam menyebarkan Islam di Kamboja. Mereka punya hubungan yang turun naik dengan raja Kamboja. Mereka berbaur dengan komunitas muslim Melayu yang sudah ada di Kamboja sejak abad ke 13.

Sebelum Khmer Merah pada tahun 1975 komunitas muslim Kamboja sebenarnya terdiri dari kaum Cham, dari bekas kerajaan Cham pada Vietnam yang runtuh pada pada tahun 1470. Kaum Cham pada mulanya di Islam kan oleh para pendagang dan pengrajin dari Arab dan India.

Kaum tersebut berimigrasi dalam jumlah besar ke Kamboja pada abad ke 15 selain kaum Etnis Cham, muslim melayu dari Indonesia dan kawasan yang sekarang bernama Malaysia juga memasuki Kamboja pada abad yang sama.

Khmer Merah menggunakan pola yang konsisten untuk membunuh orang orang Cham. Mereka bekerja dengan paksa di ladang atau menangkap mereka karena tuduhan adanya perlawanan atau pemberontakan partai komunis.
Nah, untuk mengetahui info menarik lainnya? yuk langsung aja mapir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

Baca juga : Masjid Raya Tlemcen

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here