Cara Mencerahkan Bibir Hitam Secara Alami

Cara Mencerahkan Bibir Hitam Secara Alami
foto istimewa

Melansir Medical News Today, penyebab bibir hitam di antaranya paparan sinar matahari, kebiasaan merokok, dehidrasi, kehamilan, sampai terlalu banyak kafein. Selain itu, bibir hitam dan kusam juga bisa disebabkan masalah kesehatan seperti penyakit addison, kemoterapi, anemia, kekurangan vitamin, sampai efek samping produk tertentu. Kabar baiknya, bibir hitam umumnya tidak berbahaya. Masalah hiperpigmentasi bibir ini juga bisa diatasi dengan berbagai cara alami.

1. Oleskan lemon

Melansir Healthline, studi membuktikan efektivitas lemon sebagai zat penghambat melanin, biang warna gelap pada kulit. Cara mencerahkan bibir hitam dengan lemon cukup praktis. Sebelum tidur, oleskan bagian lemon yang berair ke bibir. Setelah bangun tidur, baru bilas bibir dengan air dingin. Demi hasil maksimal, ulangi rutinitas ini setiap malam, setidaknya selama 30 hari.

2. Oleskan campuran jeruk nipis dan madu

Apabila tak ada lemon, jeruk nipis dan madu juga bisa jadi obat alami mencerahkan bibir. Jeruk nipis juga memiliki formula yang bisa menghambat produksi melanin. Cara mencerahkan bibir hitam dengan jeruk nipis dan madu juga tak sulit. Siapkan campuran satu setengah sendok teh air perasan jeruk nipis dan satu sendok teh madu. Oleskan campuran tersebut ke bibir sebelum tidur. Biarkan semalaman. Baru bilas keesokan harinya.

3. Oleskan campuran kunyit dan susu

Menurut penelitian apda 2010 lalu, kunyit juga bisa mencegah bibir hitam dan berwarna gelap. Cara mencerahkan bibir hitam dengan kunyit cukup praktis. Siapkan satu sendok makan susu, tambahkan bubuk kunyit secukupnya sampai campuran membentuk pasta. Oleskan campuran susu dan kunyit ke bibir. Biarkan selama lima menit. Baru bilas dengan air dingin dan keringkan. Setelah itu, oleskan pelembab bibir. Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Mata Panda dengan Cepat.

4. Lumasi dengan lidah buaya

Senyawa yang terdapat dalam lidah buaya juga bisa menghambat produksi melanin, biang bibir hitam. Cara mencerahkan bibir hitam dengan lidah buaya bisa dengan mengoleskan gel atau lendir lidah buaya ke bibir. Setelah kering, bilas dengan air hangat. Untuk hasil maksimal, gunakan setiap hari.

5. Gunakan scub madu

Eksfoliasi atau scrub bibir dengan madu dapat membantu mengangkat sel kulit mati di bibir hitam. Cara mencerahkan bibir hitam dengan scrub madu perlu diawali menyiapkan bahan eksfoliasi. Siapkan campuran satu sendok teh madu dan satu sendok teh gula. Gosok perlahan campuran tersebut ke bibir dengan gerakan memutar yang lembut. Setelah itu, baru bilas dengan air hangat. Cukup gunakan scrub ini seminggu dua kali.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!