Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami

Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami
Foto Istimewa

Ketombe bukanlah gangguan kesehatan serius tapi cukup mengganggu. Ketombe menyebabkan rontoknya serpihan putih dari kulit kepala, gatal, tak jarang sampai membuat kulit kepala bersisik. Melansir Mayo Clinic, ketombe merupakan bentuk ringan dari masalah kulit dermatitis seboroik.

Inilah beberapa cara untuk menghilangkan ketombe secara alami:

71. Oleskan campuran minyak tea tree

cara mengatasi ketombe secara alami yang terbukti ampuh salah satunya memanfaatkan minyak tea tree. Minyak tea tree memiliki sifat antijamur dan antiperadangan yang dapat membantu menghilangkan ketombe. Hal yang perlu diingat, jangan langsung mengoleskan minyak tea tree ke kulit kepala karena bisa menyebabkan iritasi bagi pemilik kulit sensitif. Sebelum mengoleskan minyak tea tree ke kulit kepala, pastikan Anda lebih dulu mengencerkannya dengan mencampurkan minyak tea tree dengan minyak kelapa.

62.Gunakan minyak kelapa

Beberapa penelitian menyebutkan, minyak kepala efektif digunakan sebagai salah satu cara menghilangkan ketombe secara alami. Bahan aktif minyak kelapa membantu kulit kepala tetap lembab sehingga dapat mengurangi iritasi. Selain itu, minyak kelapa juga memiliki sifat antimikroba yang potensial digunakan untuk mencegah pertumbuhan jamur penyebab ketombe.

53. Aplikasikan lidah buaya

Zat aktif antibakteri dan antijamur dalam lidah buaya bermanfaat untuk mengatasi ketombe. Lidah buaya juga dapat mengurangi peradangan dan mampu mengendalikan infeksi penyebab rambut rontok. Cara menggunakan lidah buaya untuk mengatasi ketombe bisa dengan mengoleskan gel tanaman lidah buaya ke kulit kepala. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan gel berbasis lidah buaya yang banyak tersedia di pasaran dan praktis digunakan.

35. Gunakan masker soda kue

Cara menghilangkan ketombe secara alami lainnya yakni menggunakan masker rambut soda kue. Soda kue dapat membantu mengangkat sel kulit mati di kulit kepala dan mengurangi gatal-gatal akibat ketombe. Bahan dapur ini juga punya kandungan antijamur untuk mencegah ketombe kembali menyerang. Untuk hasil terbaik, oleskan soda kue langsung ke rambut basah dan pijat ringan kulit kepala Anda. Biarkan selama satu atau dua menit. Baru bilas rambut dengan cara keramas seperti biasa.

26.Oleskan campuran minyak serai

Minyak serai memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengatasi ketombe. Menurut temuan sebuah penelitian pada 2015 lalu, tonik rambut yang mengandung 10 persen minyak serai mengurangi ketombe sebesar 81 persen setelah dua minggu. Seperti minyak tea tree, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau alergi saat digunakan langsung ke kulit. Agar lebih aman, kita bisa mengencerkan minyak serai terlebih dahulu dengan air atau mencampurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner.

17. Makan makanan kaya omega-3

kekurangan asam lemak omega-3 bisa jadi penyebab ketombe, kuku mudah patah, dan kulit kering. Asam lemak baik ini bermanfaat untuk mengelola produksi minyak, mengatur peradangan, meningkatkan hidrasi, sampai mengurangi tanda penuaan. Untuk itu, cara alami menghilangkan ketombe juga perlu modifikasi gaya hidup dengan rajin makan makanan kaya omega-3. Beberapa makanan kaya omega-3 di antaranya ikan salon, mackerel, dan kacang kenari.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here