28 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Fakta Menarik Hewan Kepiting

Kepiting merupakan hewan laut yang terkenal karena capitnya. Capit Kepiting merupakan bagian tubuh yang dimanfaatkan sebagai pelindung diri dari serangan lawan atau bahaya. Namun, tidak pernah kita sadari bahwa ternyata capitan kepiting hampir sama kuatnya dengan gigitan singa. Ini berlaku khususnya untuk kepiting kenari, yang termasuk antrophoda darat terbesar.
Ingin tahu banyak mengenai fakta menarik Hewan kepiting? Yuk, simak dan cermati!

1. Capit Kepiting Lebih Berat dari Berat Badan Kepiting

Salah satu kepiting yang diteliti memiliki berat 4 kilogram, dengan kekuatan capitan mencapai 335 kilogram. Kekuatan ini juga hampir sama dengan kekuatan gigitan singa, yang 4 sampai 5 kali lebih kuat daripada gigi manusia.

2. Dapat Merasakan Nyeri di Tubuhnya

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Biology Letters,Robert Elwood dan Laura Adams, ternyata kepiting dapat merasakan nyeri. Kepiting yang merasakan sakit atau nyeri biasanya akan menghindari sumber rasa sakit, atau bergerak lebih aktif.

3. Kepiting Dapat Merubah Warna Kulitnya

Ada jenis kepiting yang dapat mengubah warnanya dari hitam ke putih untuk melindungi diri dari predator. Namun, ternyata suara bising karena kapal kargo membuat kemampuan ini tidak bisa berjalan dengan baik. Dilakukan penelitian terhadap beberapa kepiting yang diletakkan di ember selama delapan minggu dengan dan tanpa suara kapal kargo mainan.

Ternyata, kepiting yang tidak diberi suara kapal kargo bisa berubah menjadi putih dengan sempurna, sedangkan yang mendengar suara kapal hanya bisa berubah setengahnya.

4. Cara berkembang biak Kepiting adalah dengan cara bertelur (Ovipar) yang mana sekali bertelur dapat menghasilkan puluhan bahkan jutaan butir telur.

5. Tubuh kepiting dilindungi kerangka yang sangat keras dan tersusun dari kitin.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles