Manfaat Toge dari Meningkatkan Kesuburan Pria hingga Mencegah Kanker

Manfaat Toge dari Meningkatkan Kesuburan Pria hingga Mencegah Kanker
Foto Istimewa

Toge alias tauge yang umum digolongkan sebagai sayuran ini, sudah dikenal lama sebagai salah satu sumber makanan untuk menambah kesuburan pria. Selain itu, toge ternyata juga memiliki sejumlah manfaat lain bagi kesehatan. Lantas, apa saja kandungan gizi pada toge yang bermanfaat untuk tubuh? Simak ulasan selengkapnya berikut ini. Sayuran ini berasal dari tumbuhan muda yang baru berkecambah. Walaupun terdapat berbagai tumbuhan atau kacang-kacangan yang kecambahnya bisa Anda makan, namun masyarakat Indonesia lebih umum mengonsumsi toge yang berasal dari kacang hijau (Vigna radiata) dan kacang kedelai (Glycine max). Toge kacang hijau memiliki ukuran lebih kecil dan rasanya cenderung manis. Sementara, toge kacang kedelai ukurannya lebih besar dan rasanya agak pahit dengan aroma langu yang khas.

Dengan seluruh kandungan nutrisi yang terdapat dalam sayuran ini, khasiat toge bagi kesehatan tubuh tentu tidak perlu Anda ragukan lagi. Berikut adalah beberapa manfaat toge untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

9. 1. Melancarkan pencernaan

Salah satu hal yang terbaik mengenai toge adalah bahwa kecambah ini mengandung jumlah enzim yang sangat tinggi. Hal ini dapat membantu meningkatkan berbagai proses metabolisme dan reaksi kimia dalam tubuh, khususnya untuk pencernaan.

Enzim merupakan bagian penting dari proses pencernaan. Selain itu, serat-serat yang ditemukan dalam kecambah memberikan manfaat yang sangat penting untuk pencernaan.

Serat yang terdapat dalam toge akan mengangkat kotoran, sehingga lebih mudah untuk melalui pencernaan. Selanjutnya, serat makanan merangsang asam lambung yang membantu enzim untuk mencerna makanan secara efektif dan efisien.

Berkat dua kandungan nutrisi tersebut, toge bisa Anda konsumsi sebagai makanan yang bagus untuk membantu menghilangkan sembelit dan diare.

8. 2. Meningkatkan metabolisme

Seperti yang telah disebutkan, toge kaya akan enzim yang biasanya tidak tersedia melalui makanan. Masuknya enzim dapat berdampak serius bagi metabolisme tubuh. Di samping itu, kecambah juga mengandung banyak protein yang merupakan bagian penting dari makanan yang memungkinkan kita untuk melakukan seluruh fungsi kimia dalam tubuh.

Protein diperlukan untuk hampir seluruh proses tubuh, khususnya penciptaan dan pemeliharaan sel, perbaikan organ, regenerasi kulit, pertumbuhan tulang, perkembangan otot, dan sejumlah aspek lain yang sangat penting untuk kesehatan. Ini berarti toge merupakan cara yang sehat dan lezat untuk meningkatkan fungsi tubuh secara keseluruhan untuk perkembangan tubuh.

Kandungan nutrisi yang tinggi juga menjawab mengapa toge sangat dianjurkan untuk vegetarian dan vegan, karena toge dapat mengganti kandungan protein seperti yang dimiliki oleh daging.

7. 3. Meningkatkan sirkulasi darah dan memulihkan anemia

Anemia adalah istilah medis untuk menggambarkan kondisi tubuh yang kekurangan zat besi. Jika Anda kekurangan zat besi, maka jumlah sel darah merah menurun.

Padahal zat besi adalah bagian penting dari produksi sel darah merah. Kekurangan zat besi membuat Anda kelelahan, kurang konsentrasi, mual, pusing, dan mengalami gangguan perut.

Anda dapat meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh dengan mempertahankan jumlah sel darah merah, salah satunya dengan makan toge. Karena hal ini, toge juga memiliki manfaat untuk meningkatkan oksigenasi sistem organ dan sel-sel agar kinerjanya optimal.

6. 4. Menurunkan berat badan

Toge adalah salah satu makanan yang sangat tinggi nutrisi, tetapi rendah kalori. Ini berarti bahwa Anda dapat mengonsumsi toge tanpa khawatir untuk mengorbankan diet Anda.

Selain itu, kandungan serat dalam toge dapat membantu untuk membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Hal ini dikarenakan toge yang mampu menghambat pelepasan hormon ghrelin, yaitu hormon lapar yang memberikan tanda pada pikiran kita untuk makan sesuatu.

Dengan begitu Anda dapat mengurangi makan berlebihan dan ngemil, yang mana kedua hal ini merupakan masalah terbesar bagi seseorang yang menderita masalah obesitas.

5. 5. Menjaga kesehatan jantung dan mencegah stroke

Selain itu, Anda juga dapat merasakan manfaat asam lemak omega-3 dari toge. Meskipun secara teknis hal ini merupakan bentuk kolesterol, asam lemak omega-3 dianggap sebagai kolesterol baik dan dapat mengurangi kolesterol berbahaya dalam pembuluh darah dan arteri.

Asam lemak omega-3 ini juga merupakan anti-inflamasi alami, sehingga mereka dapat mengurangi stres pada sistem kardiovaskular Anda. Toge juga mengandung kalium yang membantu mengurangi tekanan darah, karena kalium bekerja sebagai agen pelebar pembuluh darah (vasodilator) dan dapat melepaskan ketegangan di arteri pembuluh darah.

Kandungan pada toge ini dapat meningkatkan sirkulasi dan oksigenasi. Hal ini sekaligus mengurangi pembekuan, menurunkan risiko penyempitan, dan pengerasan pembuluh darah arteri (aterosklerosis), serangan jantung, hingga stroke.

4. 6. Meningkatkan sistem imun

Ada beberapa faktor yang membuat toge menjadi booster yang kuat bagi kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C dapat membuat toge menjadi stimulan yang baik untuk sel-sel darah putih dalam tubuh dalam melawan infeksi dan penyakit.

Kandungan vitamin A dalam toge juga dapat berkembang 10 kali lipat seiring dengan masa pertumbuhan toge. Vitamin A memiliki sejumlah sifat antioksidan yang merupakan sumber kekuatan sistem kekebalan tubuh.

Dikutip dari Journal of Clinical Medicine, vitamin A juga dikenal sebagai vitamin anti-inflamasi dikarenakan peran pentingnya dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Vitamin A juga menunjukkan efek terapeutik untuk mengobati berbagai penyakit menular.

7. Menyehatkan dan menumbuhkan rambut

Toge mengandung banyak vitamin C, yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Nutrisi ini dapat menghancurkan radikal bebas dalam tubuh yang membuat rambut lemah, tipis, dan rapuh. Selain itu toge juga memiliki manfaat dalam mencegah berbagai gangguan rambut.

Selenium dalam toge juga dapat membantu membunuh jamur yang membuat kulit kepala menjadi kering, menghilangkan ketombe serta kotoran, dan mendorong pertumbuhan rambut baru. Hal ini juga dapat membantu mengurangi gatal di kepala akibat jamur.

Mengonsumsi toge secara teratur dapat membuat rambut lebih bersinar, elastis dan berkilau. Sebab toge mengandung asam lemak omega-3 yang penting untuk nutrisi folikel rambut, sehingga dapat memerangi rambut kering, rapuh, dan tampak kusam.

3. 8. Mencegah kanker

Aktivitas antioksidan dari senyawa organik yang ditemukan dalam toge bermanfaat sebagai agen antikanker yang sangat baik untuk Anda. Vitamin C, vitamin A, asam amino, dan protein — termasuk sejumlah besar enzim — juga berdampak pada radikal bebas dalam tubuh.

Radikal bebas adalah produk hasil metabolisme sel yang berbahaya bagi kesehatan. Paparan radikal bebas dapat menyebabkan sel-sel bermutasi menjadi sel kanker. Selain itu, radikal bebas juga bertanggung jawab untuk beberapa penyakit, seperti jantung, penuaan dini, penurunan fungsi kognitif, dan penyakit degeneratif yang berkaitan dengan usia.

Toge dapat menetralkan efek radikal bebas, sehingga bisa membantu Anda mengurangi risiko terkena kanker dan berbagai gangguan lainnya.

2. 9. Meningkatkan kualitas sperma

Toge memiliki kapasitas untuk meningkatkan kesuburan. Jika Anda mengonsumsinya secara teratur, toge akan meningkatkan kualitas sperma. Kandungan vitamin E, khususnya vitamin E-alfa dapat membantu untuk kesuburan pria.

Vitamin E adalah senyawa antioksidan juga dapat melindungi sel-sel dari serangan radikal bebas. Apabila Anda mengonsumsi toge, vitamin E akan menjaga sel-sel telur atau mungkin sperma dari berbagai kerusakan akibat serangan radikal bebas.

Secara lebih lanjut, sebuah studi yang dilakukan University of the Basque Country menunjukan efek dari asupan vitamin E pada pasangan yang menjalani program bayi tabung (IVF) dapat meningkatkan angka kelahiran hidup secara signifikan.

1. 10. Mencegah gangguan menstruasi dan menopause

Kandungan toge dapat dengan mudah meningkatkan aliran darah untuk menghindari dan menetralkan faktor yang dapat memunculkan penyakit. Sering mengonsumsi kecambah sebelum datang bulan, dapat membantu wanita menghindari masalah saat menstruasi.

Gangguan panas (hot flashes) setidaknya menyerang sekitar 75 persen wanita pada sebelum dan saat masa menopause. Jurnal Gynecologic and Obstetric Investigation menemukan bahwa vitamin E efektif meredakan hot flashes yang dialami wanita. Sehingga, toge yang menjadi sumber alami vitamin E juga dapat membantu meredakan masalah ini.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Toge dari Meningkatkan Kesuburan Pria hingga Mencegah Kanker artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!