Namanya Tak Banyak Di Ketahui

sejarah islam
Foto Istimewa

Didalam kitab suci Al Qur’an Allah SWT menjelaskan bahwa ada sebagian kisah Nabi yang diceritakan, sedangkan sebagiannya lagi tidak.

Salah-satunya adalah kisah tentang Nabi Daniel. Nama tersebut boleh jadi sangat asing, karna ia termasuk dalam daftar Nabi bukan Rasul yang jumlahnya 25.

Daniel adalah seorang Nabi dari keturunan Bani Israil, Ia diberi panduan berupa kitab Daniel, Kitab ini salah satu pedoman perjanjian lama sebelum diubah.

Secara garis keturunan Daniel adalah anak cucu Nabi Daud yang hidup pada tahun 625 Masehi hingga 538 Masehi.

Kisah tentang kehidupannya memang tidak diceritakan di dalam Al Qur’an tetapi namanya sangat dikenal khususnya pada masa penaklukan Iskandariyah pada masa Khalifah Umar Bin Alqotob, Seperti kebanyakan para utusan dan penyampaian wahyu lainnya.

Di Dustakan Oleh Kaumnya Sendiri, Dan Di Buang Ke Gua Singa

sejarah islam
Foto Istimewa

Daniel yang menyeru kepada kebaikan setelah wafatnya Nabi Musa juga mendapat perlakuan yang sama, Ia di dustakan oleh kaumnya bahkan diciduk dan di adili oleh raja Nebukadnezar –penguasa saat itu.

untuk kemudian diberikan kepada singa yang lapar dan telah dilatih sebelumnya untuk menghabisi nyawa manusia. Namun, pertolongan Tuhan memang tak pernah datang terlambat meskipun secara kodrat singa adalah makhluk yang buas ketika dihadapkan dengan Daniel mereka menjadi tunduk dan tidak liar.

Selama beberapa waktu terdampar di dalam sumur bersama singa, Daniel tetap bisa bertahan hidup sampai seorang Nabi bernama Armia diutus untuk menyelamatkan nya.

Setelah menyampaikan dakwah nabi Daniel meninggal dan makamnya di perkirakan ada di benteng Kirkuk dikota Kirkuk, Irak. Ada sebuah masjid yang dibangun diatas makam itu.

Baca Juga :  Rufaida Al Aslamiyah,Perawat Muslim Pertama Kebanggaan Rasulullah

Sebelumnya pada zaman sahabat jenazah Beliau ditemukan dalam sebuah tempat bersembunyi yang dikunci dengan gembok besi pasca Iskandariyah dikalahkan. Setelah dilihat Ali Bin Abi Thalib menyakini bahwa jenazah tersebut adalah Nabi Daniel. Melihat hal tersebut Umar Bin Khatab meminta untuk di kafani ulang dan dikuburkan di tempat makam yang sekarang. Di atasnya kemudian di dirikan sebuah masjid yang diberi nama Masjid Daniel

Memang Allah SWT selalu punya jalan untuk menolong hambanya yang membutuhkan pertolongan.

Demikianlah kisah Nabi Daniel yang tak mati walaupun dibuang kedalam sumur singa yang kelaparan. untuk info selanjutnya? yuk langsung aja pindah ke channel youtubenya “KanalPediaIslam” 

 

Baca Juga : kisah nabi syits, awal mula zina dan musik 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here