Cara Mengobati  Cacar Air Secara Alami

Cara Mengobati Cacar Air Secara Alami
foto istimewa

Meski tidak berbahaya, penyakit cacar air tetap saja perlu diwaspadai karena bisa berubah menjadi parah akibat infeksi bakteri. Penularan cacar air biasanya dapat terjadi melalui batuk, bersin, maupun sentuhan langsung dengan cairan dalam lepuh cacar air atau dengan penderita penyakit ini.

Jika anak merasakan tubuhnya sangat lemas, tidak mau makan, kadang demam disertai gatal-gatal yang berlangsung selama 10 sampai 21 hari, bisa dipastikan anak tersebut mengalami gejala awal penyakit cacar air.

gejala cacar air selanjutnya yang akan muncul adalah timbulnya ruam berbintik merah yang dapat ditemukan di sekitar dada, perut, punggung dan juga wajah. Dalam proses penyembuhannya, luka akibat cacar air dapat meninggalkan bekas dengan membentuk jaringan ikat atau scar di area kulit. Pada penderita cacar air di usia remaja dan dewasa, bekas cacar air ini akan lebih sulit menghilang dibandingkan pada usia anak-anak.

51. Oleskan losion calamine

Melansir Health Line, losion calamine dapat membantu mengurangi rasa gatal. Losion ini mengandung sifat menenangkan kulit, termasuk zinc oxide (ZnO). Zinc oxide sendiri adalah mineral yang pada umumnya digunakan untuk mengobati dan mencegah ruam di kulit. Menggunakan jari bersih atau kapas, oleskan losion calamine pada area kulit yang gatal. Perhatikan bahwa Anda tidak boleh menggunakan losion calamine di sekitar cacar air pada mata untuk menghindari iritasi mata.

42. Hisap es lilin bebas gula

Pada kenyatannya, cacar air juga bisa muncul di dalam mulut. Jika terjadi, hal itu bisa sangat menyakitkan. Mempersilakan anak untuk menghisap es lilin bebas gula bisa menjadi cara yang baik untuk meredakan cacar air di dalam mulut. Sebagai bonus, cara ini juga dapat memungkinkan anak mendapatkan lebih banyak cairan dan menghindari dehidrasi ketika mengalami cacar air. Selain itu, jika lepuhan carar air muncul di sekitar mulut, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi atau memberi anak pilihlah makanan dengan tekstur yang lembut dan lunak untuk menghindari rasa nyeri saat menggigit.

33. Mandi dengan oatmeal

Mandi oatmeal bisa menenangkan dan menghilangkan gatal karena cacar air. Mandi tidak akan menyebarkan cacar air dari satu area kulit ke area lain. Meskipun produk oatmeal khusus untuk campuran mandi mungkin tersedia toko-toko obat, Anda juga bisa membuat rendaman oatmeal sendiri.

24. Kenakan sarung tangan

untuk mencegah goresan dan infeksi Menahan keinginan untuk menggaruk lepuh cacar air mungkin terasa susah, tetapi hal itu harus dilakukan. Pasalnya, menggaruk lepuh cacar itu dapat memperburuk kondisi dan membuat kulit terkena infeksi. Untuk mencegah godaan menggaruk di malam hari atau saat tidur siang, letakkan sarung tangan atau kaus kaki lembut di atas tangan anak Anda. Memangkas kuku anak agar tidak merusak area yang terkena dampak juga dapat membantu.

15. Mandi air dicampur baking soda

Pilihan pereda gatal lainnya untuk ditambahkan ke bak mandi adalah soda kue atau baking soda. Tambahkan satu cangkir soda kue ke bak mandi air hangat yang dangkal. Rendam selama 15 hingga 20 menit. Anak Anda dapat mandi hingga tiga kali sehari jika pendekatan ini menenangkan dan tidak menimbulkan efek samping.

Lihat tips & trick lainnya disini

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!