32.1 C
Jakarta
Friday, August 12, 2022

Inilah Populasi Umat Muslim, Di Kesultanan Oman

Warisan Islam Di Kesultanan Oman

Kesultanan Oman merupakan salah satu negara Arab mayoritas muslim yang juga kaya dengan sejarahnya.

Temuan temuan arkeologis yang diungkap pada era 1950-an itu mengungkapkan bahwa peninggalan-peninggalan sejarah negara yang terletak di Asia Barat Daya di Pesisir Tenggara Jazirah Arab tersebut kembali pada lima ribu tahun sebelum Masehi.

Bekerjasama dengan lembaga terkait, baik nasional maupun internasional, kementrian ini pun mengembangkan berbagai proyek penelusuran sejarah di Oman.

Berikut ini beberapa situs bersejarah yang ada di kesultanan Oman:

1. Ras Al Janas di daerah Syur

Eksplorasi kawasan yang terletak di daerah Syur, Arsyakiah Ini dimulai pada tahun 1981, ketika ilmuan Itali dan Prancis menemukan artefak artefak kuno dengan ukiran dan prasasti yang usianya 4000 tahun sebelum masehi.
Penggalian pertama dimulai secara besar besaran pada tahun 1985, Penemuan ini mengungkapkan sejarah awal peradaban Oman.
2. El Balied di Zhafar, Oman
Kota ini terletak di provinsi Zhafar, Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah dan kuno, Posisinya yang tak jauh dari pantai menempatkan nya sebagai pelabuhan terpenting.
Pelabuhannya sendiri berdiri di atas pulau kecil dan dikenal dengan sebutan ad-Dhufah,
Sejarah mengklaim keberadaannya eksis sebelum islam dan di perkirakan sudah aktif pada 4000 sebelum masehi.

 

Pelabuhan ini pun mencapai puncak kejayaannya pada abad ke 12 dan ke 16 dibawah kekuasaan Islam. El Balied menjadi penghubung perniagaan dunia internasional ketika itu seperti China, India dan Eropa.

3. Wabar di Zhafar, Oman

Pada tahun 1990an masih di provinsi Zhafar, Peneliti menemukan kawasan Syur atau kota Wabar, daerah ini memiliki catatan peradaban yang sangat unik dan langkah.

Baca Juga :  Kisah Ulama Al Wakhsyi, Menulis Hadits Hanya Dengan Aroma Roti

Banyak titik-titik yang kuno dijadikan pusat perniagaan disana, kawasan ini sekaligus menjadi rute darat yang menghubungkan jazirah Arab dan negara negara Mesopotamia seperti banyak yang termasuk kota-kota klasik.

Eksplorasi kawasan ini tak hanya menguap ekstensi dan kuno pra islam tapi juga peninggalan-peninggalan sejarah pada masa kegemilangan islam.

Itulah info menarik yang kami sampaikan mengenai warisan dari kesultanan oman. nah, untuk info selanjutnya? yuk langsung langsung aja mampir ke channel youtubenya “KanalDuniaIslam”

 

 

Baca Juga : Inilah populasi muslim, di bhuton

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,420SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles