Manfaat Zucchini Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat Zucchini Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Foto Istimewa

Zucchini juga dikenal sebagai cukini adalah labu musim panas di keluarga tanaman Cucurbitaceae, di samping melon, spaghetti squash, dan mentimun. Meskipun zucchini sering dianggap sebagai sayuran, namun secara botani diklasifikasikan sebagai buah. Ini terjadi pada beberapa varietas, yang berkisar dari warna kuning tua ke hijau tua. Zucchini telah digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati pilek, sakit dan berbagai kondisi kesehatan. Zucchini mudah ditemukan dan menyediakan zat gizi mikro, seperti vitamin C dan B6. Sayuran serbaguna ini (yang secara teknis buah) rendah kalori dan membuat tambahan yang bagus untuk asupan makanan bergizi keluarga Anda. Manfaat zucchini pun telah banyak diteliti dan terbukti memiliki efek kesehatan dan kecantikan tertentu. Apa saja itu? 10 manfaat zucchini bagi kesehatan dan kecantikan.

4. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat zucchini yang pertama dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan termasuk mengurangi kejadian sembelit dan masalah pencernaan lainnya. Zucchini mengandung banyak air. Ini juga mengandung sejumlah besar serat, elektrolit, dan nutrisi lain yang diperlukan untuk sistem pencernaan yang sehat. Konsumsi zucchini secara teratur juga dapat membantu mencegah bisul, IBS, dan kanker usus besar.

3. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Zucchini juga dapat berkontribusi untuk kesehatan jantung. Kandungan seratnya yang tinggi mungkin sebagian besar bertanggung jawab. Studi pengamatan menunjukkan bahwa orang yang makan lebih banyak serat memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung. Pektin, salah satu jenis serat larut yang ditemukan dalam zucchini, tampaknya sangat efektif dalam mengurangi kadar kolesterol LDL total dan “buruk”. Zucchini juga kaya kalium yang dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi dengan melebarkan pembuluh darah Anda. Tekanan darah yang lebih sehat dikaitkan dengan risiko penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah. Selain itu, diet yang kaya karotenoid, juga ditemukan di zucchini, tampaknya sangat protektif terhadap penyakit jantung. Manfaat zucchini bagi kesehatan jantung akan membuat risiko penyakit jantung Anda berkurang.

Baca Juga :  Manfaat & Khasiat Tanaman Obat Meniran

2. Melindungi Kulit dan Lindungi Kecantikan Anda

Sama seperti karotenoid yang menumpuk di kulit zucchini, mereka juga menumpuk di kulit kita, ketika kita makan produk kaya karotenoid secara teratur. Penumpukan itu melindungi kulit kita dari sinar UV dan polusi. Menurut penelitian ilmiah manfaat zucchini juga dapat memperlambat penuaan kulit dengan membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan elastis.

1. Memperlambat Penuaan

Penuaan hasil dari aktivitas racun, radikal bebas dan peradangan yang terpapar tubuh selama bertahun-tahun. Racun dan peradangan ini dapat dikurangi dengan antioksidan dan makanan anti-inflamasi. Zucchini kaya akan antioksidan dan fitonutrien anti-inflamasi, yang membantu membersihkan radikal bebas dari tubuh dan peradangan berlebih.

Memperkuat Tulang

Dalam sebuah penelitian terhadap orang dewasa muda, mereka yang memiliki kadar karotenoid yang tinggi di mata mereka (cara bagi para peneliti untuk mengukur asupan karotenoid diet jangka panjang pada orang-orang) juga tampaknya memiliki tulang yang lebih padat dan lebih kuat.  Ini menunjukkan bahwa makan makanan yang kaya karotenoid secara teratur, seperti zucchini bisa baik untuk tulang kita. Sebuah penelitian pada hewan menemukan bahwa lutein secara spesifik merangsang pembentukan tulang.

Dikaitkan  dengan Berat Badan Sehat

Beberapa penelitian jangka panjang yang lebih besar (disebut studi observasional) telah menemukan bahwa orang yang memiliki kadar karotenoid lebih tinggi biasanya memiliki BMI lebih rendah dibandingkan dengan orang dengan kadar karotenoid lebih rendah.  Ada juga temuan-temuan ini dari studi tentang zeaxanthin dan tikus: ketika tikus diberi makan diet tinggi lemak dan diberi zeaxanthin, karotenoid mengekang efek kesehatan negatif dari makan makanan tinggi lemak. Selain itu, kita tahu bahwa makan banyak sayuran‚ yang rendah kalori dan tinggi nutrisi serta serat, bagus untuk pengaturan berat badan.

Baca Juga :  Manfaat Daun Cocor Bebek Untuk Kecantikan

Turunkan Kadar Gula

Kadar gula darah tinggi dan diabetes adalah masalah yang diperparah dengan diet tinggi karbohidrat (tidak sehat) dan rendah serat. Dengan memasukkan zucchini dalam diet Anda, Anda meningkatkan asupan serat. Anda juga bisa mengurangi asupan karbohidrat karena Anda akan merasa kenyang lebih lama. Perubahan diet ini dapat membantu mengurangi kadar gula darah Anda dan meningkatkan sensitivitas insulin. Ini bisa berarti bahwa tubuh Anda tidak lagi membutuhkan jumlah insulin yang berlebihan untuk memproses gula. Ini dapat mengubah risiko Anda terkena diabetes. Studi menunjukkan bahwa memasukkan setidaknya 30 gram serat dalam diet harian Anda menurunkan risiko terkena diabetes secara signifikan.

Meningkatkan Pertumbuhan Rambut

Zucchini, yang kaya akan seng, meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin C dalam zucchini dapat mengobati rambut kering dan bercabang. Manfaat zucchini juga membuat helai rambut Anda kuat dan halus. Kekurangan vitamin C dapat menyebabkan pembesaran folikel rambut, yang akhirnya bisa menghambat pertumbuhan rambut. Tapi, dengan zucchini di sisi Anda, masalah tersebut akan teratasi.

Meningkatkan Kesehatan Mata

Zucchini adalah sumber antioksidan dan fitonutrien yang melindungi kesehatan, termasuk vitamin C, beta-karoten, mangan, zeaxanthin, dan lutein. Zeaxanthin dan lutein sangat berguna dalam menjaga dan meningkatkan kesehatan mata dengan melawan radikal bebas. Ia mengurangi risiko mengembangkan kondisi mata terkait usia seperti glaukoma, katarak, dan degenerasi makula. Anda juga dapat menggunakan zucchini untuk mengobati mata bengkak dengan meletakkan irisan zucchini mentah di atas mata. Biarkan irisan di tempat selama sekitar 30 menit dan ulangi beberapa kali dalam sehari.

Melindungi dari Peradangan

Zucchini kaya akan antioksidan dan senyawa anti-inflamasi, termasuk vitamin A dan C, glutathione peroxidase, dan superoksida dismutase. Sejumlah besar senyawa ini ditemukan di kulit zucchini. Untuk alasan ini, Anda harus makan kulit bersama dengan dagingnya. Makan zucchini secara teratur mengurangi oksidasi dan peradangan di dalam tubuh. Ini meningkatkan kekebalan Anda dan melindungi terhadap penyakit yang berhubungan dengan peradangan.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Zucchini Bagi Kesehatan dan Kecantikan artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia
Baca Juga :  Manfaat Buah Manggis Termasuk Membantu Turunkan Berat Badan

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here