Manfaat Kol bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kol bagi Kesehatan Tubuh
Foto Istimewa

Kol (Brasicca oleracea) adalah salah satu sayuran yang termasuk dalam kelompok brokoli, kembang kol, dan kubis. Berdasarkan warnanya, kol terbagi menjadi beberapa jenis, yaitu kol ungu, kol putih, dan kol hijau. Meski demikian, keempat jenis kol tersebut memiliki kandungan nutrisi yang tidak jauh berbeda.

Kol mengandung makronutrisi yang penting bagi tubuh, yaitu lemak, protein, dan karbohidrat. Tak hanya itu, sayuran ini juga tinggi serat serta mengandung beragam vitamin dan mineral, seperti vitamin C, vitamin B6, folat, dan zat besi.

Beragam kandungan antioksidan pun dapat ditemukan di dalam kol, seperti polifenol, flavonoid, dan antosianin.

1. Beragam Manfaat Kol untuk Kesehatan

Berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, ada beberapa manfaat kol untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh, yaitu:

Melancarkan pencernaan

Kandungan serat dan air yang tinggi di dalam kol diketahui baik untuk saluran pencernaan. Manfaat kol ini diyakini dapat melancarkan buang air besar dan mencegah maupun menangani sembelit.

Mengurangi peradangan

Kandungan antioksidan polifenol dan flavonoid di dalam kol diyakini baik untuk mengurangi peradangan yang disebabkan oleh radang usus dan rheumatoid arthritis.

Menjaga kesehatan jantung

Selain mengurangi peradangan, kandungan polifenol dan flavonoid di dalam kol juga diketahui dapat mengurangi tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL). Oleh karena itu, kol dapat menurunkan risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, kandungan serat, kalium, vitamin B3, dan folat di dalam kol juga dipercaya dapat menurunkan risiko terkena stroke dan serangan jantung.

Menjaga kesehatan mata

Tak hanya baik untuk memeliharan kesehatan jantung, kol juga dipercaya dapat menjaga kesehatan mata. Kandungan antioksidan polifenol yang tinggi di dalam kol ungu diyakini dapat mencegah gangguan penglihatan akibat degenerasi makula.

Baca Juga :  Cara membuat bakwan jagung

Kol ungu juga mengandung antioksidan lutein dan zeaxanthin serta vitamin A yang dapat mencegah kerusakan sel retina pada mata.

Menurunkan risiko kanker

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi sayuran, seperti brokoli, kubis, dan kol bisa menghambat pertumbuhan beberapa jenis sel kanker, seperti kanker esofagus, kanker usus besar, dan kanker lambung.

Manfaat kol tersebut berasal dari sifat antikanker yang terkandung di dalamnya. Kol juga mengandung vitamin C dan antioksidan yang diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

Beberapa manfaat di atas menunjukkan bahwa kol sangat baik untuk kesehatan tubuh. Meski demikian, untuk mendapatkan manfaat kol tersebut, Anda tidak disarankan mengonsumsinya secara berlebihan karena dapat menyebabkan perut kembung dan mual.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat kol, Anda bisa mengonsumsinya langsung setelah dibersihkan sebagai lalapan. Anda pun bisa mencampurnya ke dalam sup atau mengolahnya menjadi semur.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Kol bagi Kesehatan Tubuh artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here