Manfaat Sawi Bagi Kesehatan, Atasi Sesak Napas Hingga Menopouse

Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Atasi Sesak Napas Hingga Menopouse
Foto Istimewa

Sayuran sawi adalah sayuran yang beragam dan beraroma, dengan warna dari hijau muda hingga hijau tua. Sawi adalah sayuran berdaun yang menyerupai daun bayam versi India dan berkerabat dekat dengan kubis, collard greens dan kangkung. Sayuran yang memiliki banyak varietas ini dengan warna dan ukuran beragam ini dapat mentolerir berbagai iklim dan kondisi cuaca, sehingga dapat dan banyak tumbuh pada berbagai daerah. Sawi hijau dianggap sebagai makanan super karena kandungan gizinya yang tinggi. Seperti sayuran berdaun gelap lainnya, sawi adalah sumber makanan yang kaya serat, mineral, vitamin, dan fitonutrien yang memiliki banyak nilai gizi bersama dengan rasanya. Sawi sangat rendah kalori, tetapi penuh dengan mikronutrien seperti vitamin A, C, dan K dan mineral penting seperti kalsium dan mangan. Manfaat sawi bagi kesehatan sangat beragam, seperti sumber antioksidan bagi tubuh, detoksifikasi tubuh, mengelola kadar kolesterol, memasok serat dan manfaat lainnya. Agar lebih enak, sayuran hijau ini biasanya dinikmati dengan direbus, dikukus, digoreng, atau bahkan diasinkan. Sayangnya, penelitian tentang manfaat khusus makan sawi pada saat ini memang masih terbatas.

Manfaat Sawi untuk Kesehatan

Namun, nutrisi individu yang ditemukan dalam sawi secara umum telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan. Lantas, apa saja manfaat sawi bagi kesehatan?

13. Kaya Antioksidan

Antioksidan adalah senyawa tanaman alami yang membantu melindungi tubuh terhadap stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas yang berlebihan. Radikal bebas adalah molekul tidak stabil yang dapat merusak sel di dalam tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa seiring waktu, kerusakan ini dapat menyebabkan kondisi kronis yang serius, seperti penyakit jantung, kanker dan penyakit Alzheimer. Manfaat sawi hijau ini secara umum merupakan sumber antioksidan yang kaya seperti flavonoid, beta karoten, lutein, dan vitamin C dan E.

12. Meningkatkan Imunitas

Manfaat sawi juga baik untuk sistem kekebalan tubuh Moms dan keluarga. 56 gram sawi mentah menyediakan lebih dari sepertiga kebutuhan vitamin C harian seseorang. Vitamin C adalah vitamin yang larut dalam air dan penting untuk sistem kekebalan yang kuat. Penelitian menunjukkan bahwa tidak mendapatkan cukup vitamin C dalam makanan dapat melemahkan sistem kekebalan seseorang sehingga menjadi lebih rentan sakit. Selain itu, vitamin A dalam sawi juga mendukung respons imunitas. Ini dilakukan dengan mempromosikan pertumbuhan dan distribusi sel T, yang merupakan jenis sel darah putih yang dibutuhkan untuk membantu melawan potensi infeksi.

11. Bermanfaat Bagi Kesehatan Jantung

Manfaat sawi selanjutnya adalah untuk kesehatan jantung, karena sarat dengan antioksidan seperti flavonoid dan beta karoten. Dua senyawa ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko pengembangan dan kematian akibat penyakit jantung. JRSM Cardiovascular Disease menemukan bahwa asupan tinggi sayuran berdaun hijau dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung yang signifikan atau sebesar 15%.

10. Menurunkan Kadar Kolesterol

Seperti sayuran hijau lainnya, manfaat sawi mengandung senyawa yang membantu mengikat asam empedu dalam sistem pencernaan seseorang. Ini penting, karena mencegah reabsorpsi asam empedu juga akan berkaitan dengan penurunan kadar kolesterol. Menurut sebuah penelitian tabung reaksi, mengukus sawi secara signifikan akan meningkatkan efek pengikatan asam empedu. Ini menunjukkan bahwa sawi kukus mungkin memiliki potensi dalam menurunkan kolesterol yang lebih besar, dibandingkan dengan memakannya mentah.

9. Baik Untuk Kesehatan Mata

Salah satu antioksidan dalam sawi adalah lutein dan zeaxanthin, yang telah terbukti bermanfaat bagi kesehatan mata. Secara khusus, kedua senyawa ini membantu melindungi retina seseorang dari kerusakan oksidatif, serta menyaring cahaya biru yang berpotensi berbahaya. Hasilnya, penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lutein dan zeaxanthin dapat membantu melindungi dari degenerasi makula terkait usia, yang merupakan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia.

8. Memiliki Efek Antikanker

Selain sumber antioksidan yang kuat, manfaat sawi juga berpotensi memiliki efek antikanker, mengingat sayuran sawi juga mengandung senyawa berkanfaat yang disebut glukosinolat. Dalam jurnal Molecules, glukosinolat telah terbukti membantu melindungi sel dari kerusakan DNA dan mencegah pertumbuhan sel kanker. Namun, manfaat ini belum pernah dipelajari pada manusia.

7. Mengobati Psoriasis

Psoriasis adalah penyakit autoimun, inflamasi, kronis, dan peradangan. Lesi yang disebabkan oleh psoriasis dapat diobati dengan sawi. Dikutip dari Natural Food Series, manfaat sawi memfasilitasi stimulasi enzim seperti superoksida dismutase dan katalase yang menenangkan peradangan dan meredakan nyeri pada orang yang menderita psoriasis. Penelitian yang berlangsung saat ini sedang mencoba mengisolasi senyawa yang bertanggung jawab atas sifat anti-inflamasi dari biji sawi dan sayuran hijau.

6. Mengobati Menopause

Menopause sering kali diikuti oleh kehilangan kepadatan tulang dan ini mempengaruhi lebih dari 45% wanita. Kombinasi kalsium, magnesium, dan vitamin K yang ditemukan dalam sawi menjaga kepadatan tulang dan struktur kerangka tetap terkendali. Manfaat sawi juga mampu melindungi tubuh dari penyakit seperti osteoartritis dan osteoporosis, yaitu penyakit yang sering dikaitkan dengan menopause.

5. Mengobati Gangguan Pernapasan

Manfaat sawi selanjutnya adalah menjadi sumber vitamin dan mineral yang sangat baik dalam mencegah infeksi virus seperti flu dan pilek. Vitamin C di dalamnya, sangat membantu dalam meredakan radang sinus dan mengurangi risiko asma. Sayuran sawi adalah ekspektoran yang sangat baik dan membantu melegakan jalur hidung dengan mengeluarkan lendir. Sayuran sawi digunakan dalam pengobatan Ayurveda karena sensasi hangat yang ditawarkannya. Tidak hanya itu, bronkitis kronis juga dapat diobati dengan konsumsi sawi secara teratur.

4. Membantu Kesehatan Tulang yang Kuat

Kandungan vitamin K dan Kalsium dalam sawi putih memainkan peran penting dalam menjaga gigi dan tulang tetap kuat. Kalsium juga membantu meningkatkan fungsi saraf, sementara vitamin K meningkatkan pemecahan lemak dan pembekuan darah. Ini menjadi manfaat sawi putih yang patut disimak.

3. Melawan Kelelahan dan Anemia

Rendahnya kadar hemoglobin dalam tubuh bisa membuat Moms merasa lelah dan kurang aktif. Konsentrasi zat besi yang tinggi memberikan manfaat sawi putih dalam membantu tubuh memproduksi hemoglobin dalam darah. Hemoglobin memainkan peran penting dalam mengangkut oksigen ke seluruh tubuh, sehingga bisa sangat membantu untuk merevitalisasi tubuh.

2. Membantu Proses Penurunan Berat Badan

Sawi putih mengandung kalori dengan tingkat rendah meskipun mengandung banyak serat. Sehingga, manfaat sawi putih bisa membantu mengoptimalkan proses penurunan berat badan.

1. Membantu Memerangi Infeksi dan Gangguan Kulit

Sawi putih dapat membantu melawan sejumlah infeksi kulit, termasuk eksim dan jerawat karena mengandung sifat antibakteri dan antiseptik yang penting. Beberapa kelainan kulit yang bisa diatasi dengan mengonsumsi sawi putih ini antara lain noda, kerutan, perubahan warna kulit dan alergi kulit. Manfaat sawi putih juga membantu menyegarkan kulit, membuatnya lembut dan kenyal.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Sawi Bagi Kesehatan Atasi Sesak Napas Hingga Menopouse artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!