Channel E – Jerawat punggung bisa terjadi karena faktor hormon dan kebiasaan. Kemunculan tersebut biasanya ditandai dengan gatal-gatal pada area punggung, permukaan kulit bagian punggung mulai kasar, muncul bintik-bintik atau beruntusan. Ternyata, makanan yang dikonsumsi sehari-hari juga dapat memengaruhi timbulnya jerawat punggung. Lalu, apa saja makanan yang bisa menyebabkan jerawat punggung? Simak penjelasannya di bawah ini!

 

1Gula

makanan
gambar istimewa

Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi gula dapat memicu peradangan dalam tubuh yang merupakan salah satu penyebab jerawat punggung. Umumnya, makanan yang mengandung tinggi gula terdapat pada sumber karbohidrat yang sehari-hari dikonsumsi, misalnya soda, permen, sereal, es krim, nasi putih, dan masih banyak lagi. Apabila makanan-makanan tersebut dikonsumsi secara berlebihan, gula darah akan meningkat dan berdampak buruk bagi kulit.

 

2Tepung

makanan
gambar istimewa

Makanan yang mengandung tepung secara berlebihan juga tidak disarankan bagi kesehatan, termasuk kesehatan kulit. Sebab, mengonsumsi tepung secara berlebihan akan meningkatkan produksi insulin dan sebum dalam tubuh. Hal tersebut dapat memicu pertumbuhan jerawat punggung.

 

3Susu

makanan
gambar istimewa

Penelitian mengatakan bahwa susu, khususnya susu sapi merupakan salah satu pemicu munculnya jerawat pada kulit dikarenakan lemak yang terdapat dalam susu tersebut. Untuk itu, cara mengatasinya adalah sebaiknya kurangi mengonsumsi susu sapi (hewani) atau bisa menggantinya dengan susu berbahan dasar nabati.

 

4Gorengan

makanan
gambar istimewa

Makanan yang digoreng memiliki kandungan tinggi lemak jenuh serta teksturnya yang berminyak. Jumlah minyak yang terdapat pada gorengan bisa menjadi pemicu timbulnya jerawat punggung. Minyak pada gorengan mampu meningkatkan produksi sebum pada kulit serta menyumbat pori-pori pada kulit, sehingga akan dengan mudah muncul termasuk di punggung.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here