Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Wajah

Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Wajah
Foto Istimewa

Bawang merah menjadi salah satu rempah yang kerap ditemukan dalam masakan. Bumbu masakan satu ini memang tidak bisa lepas dari menu khas Indonesia. Selain sebagai bumbu masakan, bawang merah ternyata memiliki beragam khasiat. Berikut beberapa manfaat bawang merah. Kandungan Bawang Merah Bawang merah memiliki banyak kandungan dengan berbagai manfaat. Mengutip E-Jurnal Widya Kesehatan Vol. 1 No. 1, beberapa kandungan gizi dalam bawang merah antara lain energi, air, karbohidrat, gula, serat, protein, lemak, asam lemak jenuh, asam lemak tak jenuh tunggal, asam lemak tak jenuh majemuk, vitamin A, C, B1, B2, B3, B6, K, E,  dan asam folat. Selain itu, bawang merah juga memiliki beberapa kandungan mineral seperti kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium, natrium/sodium, seng, dan selenium. Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan Banyaknya kandungan di dalam bawang merah membuat bumbu masakan satu ini memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Mengutip alodokter.com, klikdokter.com, sehatq.com, dan gooddoctor.co.id, berikut beberapa manfaat bawang merah:

15. Memelihara kesehatan jantung

Nutrisi dalam bawang merah diketahui bisa mencegah penggumpalan darah dan mengurangi lemak atau kolesterol jahat. Selain itu, bawang merah memiliki kandungan allicin yang merupakan senyawa sulfur organik dengan kemampuan melebarkan pembuluh darah.Dengan begitu, bawang merah memiliki kemampuan untuk melancarkan sirkulasi darah, memelihara kesehatan jantung, dan mengurangi risiko penyakit jantung.

14. Mencegah risiko diabetes

Manfaat bawang merah lainnya, yakni untuk menurunkan kadar gula darah serta meningkatkan insulin di dalam tubuh. Alhasil, bawang merah menjadi salah satu pilihan untuk dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

13. Mencegah efek buruk dari radikal bebas

Bawang merah memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas penyebab kanker dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Berdasarkan hasil penelitian, antioksidan pada bawang merah berpotensi menghambat penyakit degeneratif seperti alzheimer dan parkinson.

12. Memelihara fungsi ginjal

Bawang merah diketahui memiliki kemampuan menurunkan asam urat dan keratin di dalam tubuh. Dengan begitu fungsi ginjal bisa tetap terjaga. Namun, penelitian mengenai hal tersebut masih butuh pengembangan karena sejauh ini penelitian baru dilakukan dalam skala laboratorium.

11. Menyembuhkan alergi

Manfaat bawang merah untuk kesehatan selanjutnya yaitu sebagai obat alergi seperti mata berair, hingga gatal pada kulit dan hidung. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan berupa quercetin yang memiliki kemampuan seperti antihistamin yang bisa mengurangi gejala alergi.

10. Memperbaiki pencernaan

Bawang merah juga memiliki manfaat untuk memperbaiki proses pencernaan. Manfaat bawang merah untuk pencernaan dinilai efektif karena memiliki kandungan serat baik untuk pencernaan. Kandungan serat ini tersebut turut memperlancar proses buang air besar menjadi lebih teratur dan sistem pencernaan lebih terjaga.

9. Menjaga kepadatan tulang

Sebuah studi menjelaskan, mengonsumsi bawang setiap hari memiliki potensi meningkatkan kepadatan tulang pada wanita yang mengalami menopause. Dengan mengonsumsi bawang merah secara rutin, maka risiko patah tulang pinggul lebih kecil dibandingkan kelompok yang tidak pernah mengonsumsi bawang.

8. Meningkatkan sistem imun

Bawang merah memiliki kandungan polifenol yang berperan aktif sebagai antioksidan. Kandungan inilah yang membuat bawang merah mampu menjaga tubuh dari radikal bebas. Sehingga dengan mengonsumsi bawang merah secara rutin, daya tahan tubuh tetap tejaga dengan baik.

7. Memperbaiki pola tidur dan suasana hati

Manfaat bawang merah untuk kesehatan berikutnya yakni memperbaiki pola tidur dan suasana hati. Hal ini dikarenakan, bawang merah memiliki kandungan asam folat yang bisa mencegah terjadinya penumpukan homosistein. Senyawa inilah yang bisa menggangu produksi dopamin, serotonin, dan norepinephrine. Jika homosistein lebih terkontrol, maka pola tidur dan suasana hati akan lebih terjaga.

6. Mencegah obesitas

Ekstrak etil asetat pada bawang merah memiliki manfaat untuk menekan penumpukan lemak yang menyababkan obesitas. Bawang merah juga memiliki kandungan antioksidan yang bisa meningkatkan metabolisme. Dengan demikian, berat badan akan lebih cepat turun dan kesehatan terjaga.

5. Menjaga kesehatan rambut

Kandungan sulfur yang ada dalam bawang merah bisa membantu meningkatkan kolagen, sehingga bisa memicu pertumbuhan rambut. Anda bisa menggunakan jus bawang merah ke kulit kepala, kemudian diamkan sekitar 15 menit. Setelah itu, bilas dengan sampo dan air bersih.

4. Memelihara kesehatan mata

Bawang merah memiliki kandungan vitamin A yang bisa meningkatkan kesehatan mata. Kandungan vitamin A diketahui bisa mencegah beberapa gangguan penglihatan, seperti rabun senja hingga degenerasi makula.

3. Membuat kulit lebih bercahaya

Banyak orang, khususnya wanita yang mendambakan kulit wajah sehat dan bercahaya. Penggunaan produk perawatan dari bahan kimia ternyata bisa menyebabkan kulit menjadi kusam. Cara aman untuk mengatasi kulit yang sudah terlanjur kusam, salah satunya dengan memanfaatkan bawang merah. Bawang merah memiliki kandungan vitamin A, C, dan E yang bisa menjadikan kulit wajah lebih bercahaya. Bawang merah yang digunakan biasanya sudah dalam bentuk ekstrak sehingga lebih mudah terserap ke dalam kulit.

2. Mencegah jerawat

Masalah pada kulit wajah selanjutnya yang sering muncul yaitu jerawat. Kondisi ini disebabkan oleh banyak hal mulai dari infeksi, produksi minyak berlebih, hingga kotoran seperti debu yang menempel di kulit wajah. Meskipun saat ini sudah banyak obat jerawat, namun tidak ada salahnya menggunakan bahan alami seperti bawang merah untuk menghilangkan gangguan ini. Bawang merah dipercaya bisa meredakan jerawat yang meradang dengan cepat. Kandungan antiseptik pada bawang merah mampu membunuh bakteri, jamur dan virus, yang menyebabkan infeksi kulit terutama saat sedang berjerawat.

1. Menghilangkan garis halus

Garis halus menjadi salah satu tanda kulit wajah mengalami penuaan dini. Biasanya, garis-garis halus ditemukan pada sudut wajah. Kondisi ini bagi sebagian orang tentu akan menggangu penampilan. Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa memanfaatkan bawang merah sebagai masker alami. Bawang memiliki kemampuan untuk melancarkan peredaran darah dan mendorong terbentuknya kolagen. Maka dari itu, penggunaan bawang merah juga menjadikan kulit lebih kencang.

  • Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Bawang Merah untuk Kesehatan dan Wajah artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!