24.4 C
Jakarta
Sunday, August 7, 2022

10 Manfaat Brokoli untuk kesehatan tubuh

10 Manfaat Brokoli untuk kesehatan tubuh
Foto Istimewa
Brokoli merupakan salah satu sayuran hijau dari keluarga tanaman kubis. Hingga kini, sayuran ini terkenal sebagai sumber makanan yang mengandung berbagai macam nutrisi dan gizi. Apalagi, brokoli juga dikenal sebagai sayuran dengan nutrisi tinggi. Simak penjelasan mengenai kandungan gizi serta manfaat brokoli di bawah ini.

1. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Berbagai kandungan brokoli yang bermanfaat sebagai zat anti kanker adalah berbagai fitonutrien, vitamin C, vitamin A, dan vitamin E serta jenis mineral seperti kalium dan selenium.

Kandungan nutrisi ini dapat berperan sebagai anti-oksidan dan membantu metabolisme dan mencegah inflamasi pada tingkat sel yang merupakan fase awal dari perkembangan kanker.

Tak hanya itu saja, senyawa bioaktif dalam brokoli juga mempunyai manfaat untuk mengurangi kerusakan sel yang disebabkan oleh penyakit kronis tertentu.

2. Detoksifikasi Tubuh

Terdapat kandungan anti-oksidan dalam brokoli yang bermanfaat untuk menghambat dan menetralkan kerusakan sel akibat radikal bebas.

Senyawa anti-oksidan ini membantu mengurangi peradangan serta memberikan efek perlindungan pada tubuh.

Jenis anti-oksidan berupa sulforaphane juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, kadar kolesterol, stres oksidatif, serta perkembangan penyakit kronis.

Ditambah dengan kandungan vitamin C dalam brokoli yang membantu mengurangi racun dalam darah.

3. Meningkatkan kesehatan kulit

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan vitamin C, vitamin A, dan vitamin E dalam brokoli adalah mencerahkan sekaligus membantu mengganti jaringan kulit yang rusak.

Lalu, kandungan fitonutrien juga berkhasiat untuk mencegah kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari.

4. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat dalam brokoli bermanfaat untuk membantu menjaga kesehatan usus serta melancarkan pencernaan sehingga mencegah terjadinya sembelit.

Lalu, jenis mineral seperti magnesium dan vitamin dalam brokoli juga berkhasiat untuk meningkatkan penyerapan nutrisi sekaligus mencegah inflamasi pada saluran pencernaan.

Baca Juga :  Manfaat Temu Putih Untuk Kesehatan, Dengan Segudang Khasiat

5. Memelihara kesehatan mata

Beta karoten merupakan senyawa yang saat sudah masuk ke dalam tubuh akan berubah menjadi vitamin A.

Maka dari itu, kandungan beta karoten dalam brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, gigi, dan meningkatkan penglihatan.

Selain meningkatkan kesehatan mata, beta karoten juga bermanfaat untuk melindungi mata dari penyakit seperti katarak dan degenerasi makula.

6. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kandungan vitamin C, mineral, dan fitonutrien dari brokoli bermanfaat untuk membantu membangun imunitas tubuh dan mencegah berbagai infeksi.

Sistem imun atau kekebalan tubuh adalah senyawa penting yang berfungsi untuk melindungi tubuh dari mikroorganisme penyebab berbagai macam penyakit.

7. Menjaga Kesehatan Tulang Dan Gigi

Kandungan kalsium, vitamin K, vitamin A, dan fosfor dalam brokoli lebih mudah diserap oleh tubuh.

Maka dari itu, brokoli juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang serta mencegah Anda mengalami osteoporosis.

Manfaat atau khasiat lainnya dari kandungan brokoli tersebut juga membantu menjaga kesehatan gigi sekaligus menurunkan risiko penyakit gigi dan mulut seperti periodontitis.

8. Menjaga Kesehatan Kandungan

Brokoli mengandung berbagai nutrisi yang diperlukan dalam memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil, terutama asam folat yang mencegah terjadinya cacat pada bayi baru lahir.

Apalagi, tubuh membutuhkan banyak vitamin, mineral, serta protein selama kehamilan untuk menjaga kesehatan ibu dan bayi.

9. Menjaga Kesehatan Pembuluh Darah

Kandungan mineral seperti kalium dalam brokoli bermanfaat untuk membantu melancarkan aliran darah sehingga dapat mencegah tekanan darah tinggi.

Selain itu, berbagai kandungan nutrisi dalam brokoli juga membantu kerja insulin untuk menjaga keseimbangan kadar gula darah.

Berbagai kandungan vitamin B juga membantu menurunkan risiko aterosklerosis dengan mencegah produksi homosistein berlebih dalam pembuluh darah.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Efektif Tanpa Obat

10. Mencegah Anemia

Saat tubuh kekurangan asupan mineral, maka yang bisa terjadi adalah Anda mengalami anemia.

Salah satu hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seperti brokoli.

Apalagi, brokoli mempunyai kandungan seperti kalsium, zat besi, magnesium, serta kalium yang penting untuk memproduksi hemoglobin dalam tubuh

Nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Jambu Biji yang Dapat Meningkatkan Imun artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya diĀ Channel E Indonesia

 

Previous articleSinopsis A werewolf boy
Next articleBisteak Daging

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,360SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles