29.6 C
Jakarta
Wednesday, February 8, 2023

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan

Manfaat Teh Hijau untuk Kesehatan
Foto Istimewa

Teh hijau atau green tea semakin banyak digemari. Pamornya meningkat seiring banyaknya minuman dan makanan kekinian berbahan dasar teh hijau hingga sebagai campurannya. Di Jepang dan China, teh hijau biasa digunakan sebagai pengobatan.

Kandungan pada Teh Hijau Sebelum mengetahui manfaat dari teh hijau, tidak ada salahnya jika mengulas terlebih dahulu kandungan dalam teh ini. teh hijau memiliki beberapa nutrisi seperti energi, protein, magnesium, kalium, dan kafein. Selain itu, green tea juga memiliki kandungan antioksidan, antiradang, dan antibakteri yang sangat baik untuk kesehatan.

1. Mencegah risiko penyakit jantung

Salah satu penyebab penyakit jantung adalah tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh. Teh hijau dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat tersebut, sehingga risiko penyakit jantung juga bisa berkurang.

2. Mencegah kanker

Selain penyakit jantung, manfaat minum teh hijau lainnya yakni bisa mencegah penyakit kanker. Senyawa aktif polifenol yang ada di dalam teh hijau bisa menghambat pertumbuhan sel kanker. Meskipun demikian, kajian ini perlu dilakukan penelitian lebih lanjut agar bisa dipastikan bahwa teh hijau ini bisa untuk mencegah atau bahkan mengobati kanker.

3. Mencegah risiko diabetes

Teh hijau bisa juga digunakan untuk mencegah diabetes. Hal ini dikarenakan, teh hijau memiliki kemampuan untuk meningkatkan kerja insulin dan mampu mengurangi kadar glukosa di dalam darah. Dengan kadar gula yang terkontrol, maka risiko diabetes bisa berkurang.

4. Menjaga tekanan darah

Kandungan polifenol yang ada di dalam teh hijau juga membuatnya memiliki kemampuan menurunkan tekanan darah. Selain itu, manfaat teh hijau juga bisa membuat otot pada pembuluh darah menjadi rileks.

5. Meningkatkan fungsi otak

Kandungan kafein dalam teh hijau memiliki kemampuan untuk menghambat adenosin. Itu merupakan senyawa yang menimbulkan rasa kantuk. Sehingga jika Anda merasa kurang fokus karena mengantuk, minum teh hijau bisa menjadi solusinya. Selain itu, teh hijau juga dipercaya bisa meningkatkan daya ingat. Kombinasi antara kafein dan asam amino di dalam teh hijau bisa membantu kerja otak lebih baik dibandingkan dengan kopi.

Baca Juga :  Tanaman Herbal Mirip Daun Pandan Dengan Segudang Keistimewaan, Dlingo

6. Meningkatkan kesuburan

Kandungan nutrisi yang dalam teh hijau ternyata bisa meningkat keseburan. Manfaat teh hijau bagi wanita tersebut didukung kandungan polifenol dalam teh hijau yang bisa mengurangi stres oksidatif. Tingkat stres yang terlalu tinggi inilah yang akan memberikan pengaruh pada keseburuan. Senyawa ini jugalah yang bisa membantu pelepasan sel telur. Sehingga peluang untuk mendapatkan kehamilan menjadi lebih tinggi.

nah itu tadi gais penjelasan dari kita Manfaat Buah Jambu Biji yang Dapat Meningkatkan Imun artikel lainnya disini.Tonton video menarik lainnya di Channel E Indonesia

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles