Tips Cara Mengatasi Sesak Napas

Tips Cara Mengatasi Sesak Napas
gambar istimewa

Sesak napas atau dyspnea adalah kondisi tidak nyaman yang membuat paru-paru sulit untuk sepenuhnya menghirup udara.Kondisi ini dapat terjadi akibat adanya masalah dengan paru-paru maupun jantung.Beberapa orang mungkin mengalami sesak napas secara tiba-tiba dalam waktu yang singkat.

1. Bernapas Dalam-Dalam

Menarik napas dalam-dalam melalui perut dapat membantu seseorang mengatasi sesak napas.Melansir Medical News Today, utuk mencoba pernapasan dalam di rumah, Anda bisa mengikuti langkah berikut: Berbaringlah dan letakkan tangan di perut Tarik napas dalam-dalam melalui hidung, kembangkan perut dan biarkan paru-paru terisi udara Tahan napas selama beberapa detik Hembuskan napas perlahan melalui mulut, kosongkan paru-paru Anda bisa melakukan aktivitas ini beberapa kali dalam sehari atau setiap kali merasakan sesak napas. Yang terbaik adalah tetap bernapas perlahan, mudah, dan dalam daripada cepat. Anda juga dapat mencoba jenis latihan pernapasan dalam, seperti pernapasan diafragma.

2. Pernapasan Melalui Mulut

Latihan pernapasan lain yang dapat membantu meredakan sesak napas adalah pursed lip breathing. Latihan pernapasan ini dapat membantu mengurangi sesak dengan memperlambat laju pernapasan seseorang dan membantu melepaskan oksigen yang terperangkap di paru-paru.Untuk mencoba teknik pernapasan pursed lip breathing di rumah, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut: Duduk tegak di kursi dengan bahu rileks Tarik napas melalui hidung selama beberapa detik dan jangan membuka mulut Kencangkan bibir seolah-olah akan bersiul Buang napas perlahan melalui mulut selama empat hitungan Ulangi pola pernapasan ini beberapa kali Anda dapat mencoba latihan ini kapan pun selama merasa sesak napas, dan dapat mengulanginya sepanjang hari sampai merasa lebih baik. Penting untuk dicatat, bahwa kualitas dan kekuatan penelitian tentang pernapasan bibir yang mengerucut ini sangat terbatas. Penelitian tentang keefektifannya sedang berlangsung.

Baca Juga :  INILAH TEMPAT MAKAM SITI HAWA BERADA

3. Menemukan Posisi Yang Nyaman Dan Didukung

Menemukan posisi yang nyaman dalam kondisi berdiri, duduk, atau berbaring dapat membantu Anda rileks dan mengatur napas. Jika sesak napas disebabkan oleh kecemasan atau kelelahan, pengobatan ini sangat membantu. Posisi berikut dapat mengurangi tekanan pada saluran udara seseorang dan meningkatkan pernapasannya: Duduk di kursi dengan kaki menapak di lantai dan dada dicondongkan sedikit ke depan Duduk di kursi dengan kepala ditopang oleh bantal di atas meja Berdiri dengan bersandar ke dinding agar punggung ditopang Berdiri dengan tangan ditopang di atas meja, untuk mengurangi beban dari kaki Berbaring dengan kepala dan lutut ditopang oleh bantal

4. Menggunakan Kipas Angin

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Pain and Symptom Management pada 2010, melaporkan bahwa menggunakan kipas genggam untuk meniupkan udara ke hidung dan wajah dapat mengurangi sensasi sesak napas.Oleh karena itu, pengobatan ini mungkin efektif dalam mengurangi sensasi sesak napas. Namun, penggunaan kipas angin mungkin tidak memperbaiki gejala sesak napas yang terjadi karena kondisi medis yang mendasarinya. Dalam studi lain, para peneliti tidak menemukan manfaat yang jelas dari penggunaan terapi kipas, meskipun hal itu tampaknya membantu pada beberapa kelompok.

Lihat tips & trick lainnya disini.

Tonton video menarik dari Channel E Indonesia disini.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here