Channel E – Indonesia merupakan salah satu negara yang dikaruniai dengan aneka rempah yang sangat berlimpah. Selain menambahkan rasa nikmat pada makanan, ternyata rempah-rempahan juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Nah, salah satu rempah yang menyimpan banyak manfaat namun seringkali dihiraukan adalah cengkeh.

Yups, identik dengan rasa yang sedikit manis dan aroma harum, cengkeh nggak hanya memberikan cita rasa untuk makanan. Tetapi, juga bermanfaat untuk kecantikan, termasuk merawat kulit dan rambut. Menarik banget, kan? Kira-kira apa saja ya manfaat cengkeh untuk kecantikan? Simak baik-baik yuk!

 

1Mengobati Jerawat

Cengkeh merupakan salah satu rempah yang ternyata berfungsi untuk mengobati jerawat. Memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-jamur, sehingga efektif merawat sekaligus mengobati jerawat. Cara menggunakannya bisa dengan dua metode, pertama rutin mengonsumsi air rebusan cengkeh. Kalau yang kedua, aplikasikan minyak cengkeh di area yang berjerawat. Jika rutin dilakukan, maka jerawat membadel perlahan akan menghilang.

 

2Mengurangi Sebum Berlebih

Produksi sebum berlebih menjadi salah satu pemicu munculnya jerawat. Untuk itu penting banget mengontrol produksi sebum. Salah satu cara mudah yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan minyak cengkeh. Memiliki sifat astrigent, cengkeh membantu mengontrol produksi sebum sekaligus membersihkan pori-pori tersumbat.

Cara menggunakannya, kamu cukup siapkan tiga tetes minyak cengkeh dan aplikasikan menggunakan kapas bersih. Tapi sebelum itu, pastikan kamu sudah membersihkan wajah dan mengaplikasikan toner telebih dahulu. Jangan lupa kunci kelembapan kulit dengan moisturizer.

 

3Mengurangi Mata Panda

Lingkaran hitam di sekitar mata memang menganggu penampilan. Nah, beberapa langkah bisa kamu lakukan untuk mengatasi mata panda, mulai dari mengubah pola hidup menjadi lebih sehat, menggunakan eye cream, atau mengandalkan minyak cengkeh.

Caranya, aplikasikan minyak cengkeh secukupnya di area mata. Atau bisa juga dijadikan masker dan diamkan selama 15 menit lalu bilas menggunakan air hangat. Untuk hasil maksimal, gunakan secara rutin, ya!

 

4Mencegah Munculnya Keriput

Manfaat cengkeh untuk kecantikan selanjutnya adalah mampu merawat dan mencegah terjadinya keriput. Kelembapan yang ada di minyak cengkeh dapat menghidrasi sekaligus menutrisi kulit agar terhindar dari tanda-tanda penuaan termasuk munculnya keriput. Aplikasikan pagi dan malam untuk hasil maksimal.

 

5Mengatasi Rambut Rontok

Nggak hanya untuk kulit saja, cengkeh ternyata juga bermanfaat untuk mengatasi berbagai permasalahan rambut, salah satunya adalah kerontokan. Selain efektif, cara menggunakannya juga mudah banget, lho. Baurkan minyak cengkeh di seluruh rambut, dan diamkan selama 5-15 menit, lalu bilas menggunakan air hangat. Agar tidak ada residu yang tertinggal, jangan lupa gunakan sampo

 

6Menghilangkan Ketombe

Mencoba minyak cengkeh untuk membantu menghilangkan ketombe di kulit kepala. Langkah yang bisa dilakukan adalah menambahkan 10-12 tetes minyak cengkeh ke dalam sampo anti ketombe yang kamu gunakan. Pastikan untuk rutin menggunakan formula tersebut sampai ketombe hilang sempurna.

 

Jangan lupa kunjungi youtube kami di Channel E Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!